Menteri LHK Dorong Kontribusi Generasi Muda Atasi Perubahan Iklim

Kamis, 10 November 2022 - 15:12 WIB
loading...
Menteri LHK Dorong Kontribusi Generasi Muda Atasi Perubahan Iklim
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sesi World Climate Leaders Insight on Indonesias Folu Net Sink 2030, di Paviliun Indonesia COP 27 UNFCCC, Sharm El-Sheikh, Mesir, Rabu 9 November 2022 waktu setempat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendorong peran generasi muda untuk turut mengatasi perubahan iklim. Menurut Menteri LHK , pentingnya dukungan generasi muda untuk keberhasilan kebijakan di tingkat pemerintah pusat sampai ke tingkat tapak.

Pandangan ini disampaikan Menteri LHK dalam sesi World Climate Leaders Insight on Indonesia's Folu Net Sink 2030, di Paviliun Indonesia COP 27 UNFCCC, Sharm El-Sheikh, Mesir, Rabu 9 November 2022 waktu setempat.

"Kami menghargai dan mendorong peran generasi muda sebagai salah satu stakeholders yang ikut mengawal keberhasilan kebijakan perubahan iklim di Indonesia," kata Siti Nurbaya dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Urgensi Pendidikan Perubahan Iklim

Siti Nurbaya menyampaikan, sektor Folu menjadi salah satu fokus utama pencapaian NDC Indonesia untuk menanggulangi perubahan iklim.

"Indonesia kini menjadi salah satu negara dengan tingkat deforestasi terendah. Ini komitmen Indonesia yang berbasis bukti, bukan semata janji sebagai kontribusi aktif Perjanjian Paris dan Pakta Glasgow," ucap Siti Nurbaya.

Baca juga: Inovasi Mengatasi Perubahan Iklim Melalui Teknologi

Dalam forum ini, Mesir-Indonesia semakin memimpin dengan memberi contoh (leading by example) dalam implementasi komitmen perubahan iklim, seiring dengan dukungan tiga negara maju untuk keseimbangan emisi untuk bidang kehutanan dan penggunaan lainnya atau Forestry and Other Land Uses (Folu) Net Sink 2030.

Tiga perwakilan dari negara maju hadir bersama dengan Menteri LHK Siti Nurbaya. Di antara yang hadir adalah Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim, dan Lingkungan Hidup Inggris Raya, Lord Goldsmith, Menteri Luar Negeri Norwegia, Tvinnereim, dan Wakil Sekretaris Deputi untuk Kebijakan Iklim Amerika Serikat, Rick Duke.

Menteri Goldsmith mengapresiasi kepemimpinan internasional Indonesia dalam isu-isu iklim dan lingkungan. Apresiasi juga disampaikan Lord Goldsmith terhadap target dan Rencana Operasi Folu Net Sink 2030 Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2050 seconds (11.252#12.26)