Deretan Dokter Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Nomor 5 Merawat Bung Karno

Rabu, 09 November 2022 - 12:17 WIB
loading...
Deretan Dokter Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Nomor 5 Merawat Bung Karno
Dokter HR Soeharto mendapatkan anugerah gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah. FOTO/Twitter PB IDI
A A A
JAKARTA - Deretan dokter yang menjadi Pahlawan Nasional perlu kita ketahui profil dan jasanya bagi negeri ini. Di antara mereka, ada yang merupakan dokter pribadi Presiden Soekarno ( Bung Karno ).

Terdapat banyak pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di antara nama-nama tersebut, ada yang berprofesi sebagai dokter dan turut andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dalam rangka Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, SINDOnews tampilkan deretan dokter yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional :

1. Wahidin Soedirohoesodo
Deretan Dokter Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Nomor 5 Merawat Bung Karno
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengukuhkan nama Pahlawan Nasional dr Wahidin Sudirohusodo menjadi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Foto/MPI

Dokter Wahidin Soedirohoesodo, biasa juga ditulis Wahidin Sudirohusodo, merupakan seorang Pahlawan Nasional yang lahir di Yogyakarta pada 7 Januari 1852. Dirinya dianugerahi gelar Pahlawan Nasional karena telah berhasil dalam mendirikan sebuah organisasi yang diisi oleh para pelajar di School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Jakarta.

Selain itu, Wahidin juga dikenal sebagai dokter yang senang bergaul dengan rakyat biasa. Ia kerap mengobati rakyatnya tanpa memungut biaya.

Wahidin mengetahui bagaimana penderitaan rakyat yang tersiksa akibat penjajahan Belanda. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa salah satu cara terbebas dari penjajahan adalah rakyat harus cerdas.



Dia pun memperluas pendidikan dan pengajaran serta memupuk kesadaran kebangsaan pada banyak orang melalui aktivitasnya sebagai jurnalis. Ia bergabung dengan Retno Doemilah, harian berbahasa Melayu dan Jawa yang terbit perdana pada 1895 di Yogyakarta. Wahidin Soedirohoesodo dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1973.

2. Radjiman Wedyodiningrat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)