3 Wanita Pemilik Brevet Hiu Kencana, Terakhir Perempuan Tionghoa Pertama yang Menjadi Menteri

Senin, 07 November 2022 - 16:20 WIB
loading...
3 Wanita Pemilik Brevet Hiu Kencana, Terakhir Perempuan Tionghoa Pertama yang Menjadi Menteri
Terdapat tiga wanita yang memiliki brevet hiu kencana. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga wanita yang memiliki brevet hiu kencana . Tanda kehormatan tersebut diberikan kepada siapa saja yang memiliki jasa terhadap laut Indonesia.

Mengutip dari dephub.go.id, penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI Angkatan Laut khususnya Satuan Kapal Selam kepada seluruh tokoh, warga, dan jajaran TNI yang telah memiliki jasa, perhatian dan perjuangan bagi TNI Angkatan Laut.

Baca juga : 6 Jenderal Pangkostrad Pemilik Brevet Hiu Kencana, Terakhir Mantan Menteri Pertahanan

Berikut tiga wanita yang memiliki brevet hiu kencana :

1. Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang terkenal akan kebijakannya terhadap penangkapan ikan ilegal ini memiliki Brevet Hiu Kencana yang diterima pada tahun 2018.

Dilansir dari tni.mil.id, penyematan Brevet Hiu Kencana ini tidak hanya diberikan pada Susi, namun juga para Petinggi Negara yaitu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kasad Jenderal TNI Mulyono, sebagai Warga Kehormatan Kapal Selam TNI AL.

Kegiatan penyematan ini bersamaan dengan acara disematkannya Brevet Hiu Kencana untuk Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Kegiatan tersebut merupakan wujud soliditas antara TNI-Polri dan lembaga negara lainnya.

Prosesi ini dilakukan melalui upacara bawah air di dalam Lambung Kapal Selam KRI Nagapasha-403 Cambogo Class yang berlayar di bawah permukaan laut, di perairan Benoa, Selat Badung, Bali, pada 10 Januari 2018.

2. Armida Salsiah Alisjahbana
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)