6 Jenderal Pangkostrad Pemilik Brevet Hiu Kencana, Terakhir Mantan Menteri Pertahanan

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:18 WIB
loading...
6 Jenderal Pangkostrad Pemilik Brevet Hiu Kencana, Terakhir Mantan Menteri Pertahanan
Terdapat sejumlah Pangkostrad yang memiliki brevet hiu kencana. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Pangkostrad yang memiliki brevet hiu kencana . Brevet ini diberikan oleh satuan khusus dari TNI Angkatan Laut .

Dilansir dari kostrad.mil.id, Pangkostrad merupakan pemimpin satuan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat yang saat ini dipimpin oleh Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Baca juga : Makna Lambang Brevet Korps Hiu Kencana, Simbol Warga Kehormatan Kapal Selam

Dalam sejarah kepemimpinan Pangkostrad selama ini hanya beberapa orang saja yang memiliki brevet Hiu Kencana. Brevet ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada sejumlah orang yang terpilih sebagai ‘Warga Kehormatan Kapal Selam’.

Berikut enam jenderal Pangkostrad yang memiliki brevet hiu kencana :

1. Jenderal (Purn.) TNI Wiranto

Wiranto sempat mengemban jabatan sebagai Pangkostrad pada 4 April 1996 hingga 20 Juni 1997. Pria yang sempat berkecimpung di dunia politik ini memiliki brevet Hiu Kencana dan menjadi Warga Kehormatan Kapal Selam.

Brevet lain yang disandang oleh Wiranto di antaranya adalah Brevet Komando Kopassus, Brevet Jump Master (Kopassus), Wing Penerbad, Wing Penerbang TNI AU, dan Brevet Airborne Ranger.

2. Jenderal TNI (Purn.) Mulyono

Pria yang menjabat sebagai Pangkostrad pada 26 September 2014 hingga 25 Juli 2015. Perwira TNI asal Boyolali ini juga memiliki Brevet Hiu Kencana yang terpasang di dada kanannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)