Mampu Bertahan di Tengah Krisis, Moeldoko Akui Ketangguhan UMKM

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 22:12 WIB
loading...
Mampu Bertahan di Tengah Krisis, Moeldoko Akui Ketangguhan UMKM
KSP Moeldoko saat memberikan pidato sambutan dalam acara IFBC di Tangerang, Banten, Jumat (28/10/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengakui sekaligus mengapresiasi semangat para wirausahawan dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, di tengah situasi krisis, pada pelaku UMKM tetap bertahan dan tangguh.

"Dunia saat ini menghadapi resesi, inflasi tinggi dan pertumbuhan ekonomi menurun," kata Moeldoko saat memberikan pidato sambutan dalam acara Info Franchise and Business Concept Expo (IFBC) di Tangerang, Banten, Jumat (28/10/2022).

"Namun kita harus berbangga hati pada semangat UMKM dan para entrepreneur yang luar biasa, karena mereka Indonesia masih eksis. Pertumbuhan ekonomi kita masih bagus," tambah Moeldoko.

Baca juga: Moeldoko Ingatkan Perintah Jokowi Harus Jalan

Moeldoko pun bangga terhadap semangat pelaku UMKM yang segera bangkit dari situasi terpuruk.

"Kita punya pengalaman krisis dan resesi tahun 1998, 2008 dan tahun ini, tapi satu hal yang selalu eksis, UMKM. Hari ini saya optimis, UMKM akan sepenuhnya segera kembali pulih," jelasnya.

UMKM memang berperan penting dalam menyokong ketahanan ekonomi domestik. Tidak hanya mampu menggerakkan ekonomi di daerah dan memaksimalkan penggunaan bahan baku lokal, UMKM juga menciptakan lapangan kerja padat karya.

Sektor UMKM yang jumlahnya mencapai 65,4 juta berdasarkan data nasional tahun 2021 terbukti mampu menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia.

"Presiden sangat paham bahwa UMKM jadi backbone perekonomian nasional. Oleh karenanya, saya harap acara-acara seperti IFBC ini tidak hanya menjadi pameran dan kesempatan promosi, tapi juga memberikan program edukasi, konsultasi bisnis, dan literasi bagi para wirausahawan," pungkas Moeldoko.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)