Menagih Langkah Konkret Menghadapi Tahun Kegelapan

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 17:03 WIB
loading...
Menagih Langkah Konkret Menghadapi Tahun Kegelapan
Pemerintah perlu menyiapkan langkah konkret dalam mengantisipasi tahun kegelapan yang diperkirakan terjadi pada 2023, termasuk di antaranya menjamin ketersediaan pangan dan energi. (KORAN SINDO/Wawan Bastian)
A A A
DINAMIKA politik dunia pergerakannya semakin cepat dan sulit diprediksi. Belum ada satu analisis yang tepat menggambarkan dan memprediksi apa yang sebenarnya terjadi pada 2023 yang tidak akan lama lagi kita masuki.

Semua sifatnya masih perkiraan, prediksi, analisis yang level kebenarannya makin sulit disebut presisi. Dunia bergerak sangat cepat. Melebihi kecepatan dan perkiraan para pakar, ahli strategi, serta para pemain ekonomi politik global.

Baca berita menarik lainnya di e-paper koran-sindo.com

Masa depan dunia tahun depan semakin mengkhawatirkan. Setelah dihantam badai Covid-19 selama dua tahun, dunia tidak otomatis kembali seperti sebelum pandemi mematikan itu. Ada kenormalan baru.

Tapi, juga banyak terjadi ketidaknormalan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Perekonomian dunia terlihat sudah normal, namun ternyata banyak jebakan-jebakan baru akibat terganggunya rantai pasok pangan dan energi.

Para kepala negara di dunia dan para pemain bisnis global kelas kakap tampak gagap dan gagal mengendalikan dan mengembalikan kejayaan seperti sebelumnya. Dua raksasa dunia, Amerika Serikat dan China, saling mengunci satu sama lain untuk tetap mempertahankan diri sebagai kekuatan nomor satu dunia dari sisi ekonomi, militer, dan pengaruhnya atas geopolitik global.

Sementara perang Ukraina-Rusia yang sudah berlangsung cukup lama belum menunjukkan tanda-tanda berakhir.

Ekonomi dunia yang sudah babak belur dihantam Covid-19 kembali terseok akibat krisis geopolitik di Rusia. Lembaga-lembaga internasional yang diharapkan menjadi penengah perang Rusia-Ukraina juga melempem, lunglai tak punya peran berarti.

Apalagi, negara-negara yang memiliki pengaruh besar di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ikut terlibat dalam peperangan itu. Masalah semakin kusut. Dan, sudah mulai muncul kekhawatiran pecahnya Perang Dunia Ketiga yang diikuti penggunaan senjata nuklir.

Kekhawatiran pecahnya PD III ini terlihat dari spektrum peperangan yang kian meluas, bukan menyempit dan mengerucut. Malah melebar ke berbagai sisi karena dampak globalisasi yang menyebabkan kejadian dan peristiwa di suatu negara memberi dampak serius baik langsung maupun secara tidak langsung kepada negara lain secara bilateral maupun multilateral.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1625 seconds (10.101#12.26)