7 Sekjen Parpol Nonparlemen Makan Malam Bersama, Siap Satukan Suara Ikut Pemilu 2024

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 23:55 WIB
loading...
7 Sekjen Parpol Nonparlemen Makan Malam Bersama, Siap Satukan Suara Ikut Pemilu 2024
Tujuh sekjen partai politik nonparlemen usai melakukan makan malam bersama di Jakarta Selatan, Jumat (28/10/2022). Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Bertepatan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda , tujuh partai politik (parpol) nonparlemen melakukan makan malam bersama di Restoran Penang Bistro, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (28/10/2022). Pertemuan ini membahas soal hak konstitusi tujuh partai ini.

Acara makan malam bersama itu dihadiri oleh Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen Partai Garuda Yohanna Martika, Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi, Sekjen DPP PSI Dea Tunggaesti beserta Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni. Kemudian perwakilan Sekjen PKPI dan Partai Hanura tidak turut hadir pada kesempatan tersebut, dan Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah.

Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor mengatakan, meski tujuh partai tersebut tidak memperoleh kursi di DPR. Namun, kata dia, pihaknya juga mempunyai hak konstitusional untuk mengusung capres dan cawapres guna kontestasi politik 2024.

"Kalau kami digabungkan semua suaranya, itu jumlahnya hampir sekuat 13 juta lebih suara, setara dengan 9,7 persen. Oleh karena itu, sesuai dengan amanah Undang-Undang Tahun 2017, kita punya hak untuk mengusung capres dan cawapres," ujar Afriansyah dalam konferensi pers usai makan malam bersama.



Meski demikian, pada agenda makan malam tersebut belum diputuskan siapa yang akan diusung untuk bertarung secara politis di tahun 2024.

"Kita sedang mempertimbangkan, calon-calon yang akan kita usung, yang jelas dengan suara akumulasi tujuh partai ini, kami bisa mengusung calon pasangan," kata Afriansyah.

Sekretaris Dewan Pembina PSI yangjuga menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni menambahkan, meski belum diputuskan siapa yang akan disuruh, alasan koalisi tujuh partai non parlemen ini dikarenakan mempunyai kesamaan visi kedepan.

"Belum ada kesepakatan mencalonkan kandidat tertentu. Cuma sepakat partai non parelemen ini akan terus kompak dan lebih intensif berkomunikasi," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)