Pesan Wapres soal Pemilu 2024: Cari Pemenang Sesuai Aturan

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:28 WIB
loading...
Pesan Wapres soal Pemilu 2024: Cari Pemenang Sesuai Aturan
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan agar mencari pemenang Pemilu 2024 harus sesuai aturan dan dengan cara yang beretika. Foto: Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan agar mencari pemenang Pemilu 2024 harus sesuai aturan dan dengan cara yang beretika. Dia juga berpesan agar bisa mengendalikan diri.

“Kita kan sudah berkali-kali mengadakan pemilu. Saya kira kita harus bisa mengendalikan diri. Aturannya sudah ada, pengawas pemilunya sudah ada. Kemudian aturan mainnya juga sudah ada. Bagaimana mencari menang tapi dengan cara-cara yang sesuai aturan, cara-cara yang beretikalah,” kata Wapres dikutip dari keterangannya, Jumat (28/10/2022).

Dalam beberapa kali kesempatan, Wapres mengimbau masyarakat untuk menanggapi berbagai perbedaan pilihan politik dengan santai di tengah memanasnya suhu politik menjelang Pemilu 2024. Terlebih setelah beberapa partai politik secara terang-terangan mendeklarasikan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada pemilu mendatang.





Hal tersebut tentu mengundang perdebatan tidak hanya di kalangan para elite partai tetapi juga masyarakat yang mulai menentukan pilihannya masing-masing. “Kalau berbeda capres, lakum Capresukum, walana Capresuna (untukmu Capresmu, untukku Capresku),” canda Wapres saat menyampaikan Pidato Kebangsaan di Kampus Universitas Alma Ata, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, selain perbedaan dalam pemilihan capres-cawapres, perbedaan juga kerap terjadi pada pemilihan partai serta dengan visi misinya masing-masing. Untuk itu, hal ini juga perlu disikapi dengan baik.

“Saya sering mengatakan kalau kita berbeda partai kita katakan lakum partaiukum, walana partaiuna (untukmu partaimu, untukku partaiku), ya sudah masing-masing partai saja,” ucapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)