Jelang Pemilu 2024, Wapres Minta Parpol Tak Buat Statement Permusuhan

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:57 WIB
loading...
Jelang Pemilu 2024, Wapres Minta Parpol Tak Buat Statement Permusuhan
Wapres KH. Maruf Amin meminta partai politik tidak membuat statement atau pernyataan yang menimbulkan permusuhan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin meminta partai politik (parpol) untuk tidak membuat statement atau pernyataan yang menimbulkan permusuhan. Hal ini karena Indonesia mulai memasuki tahun politik yakni, Pemilu 2024 mendatang.

"Yang kita harapkan dari partai politik itu sendiri ketika dia menyikapi perbedaan, ketidaksamaan itu jangan sampai membuat statement yang bisa menimbulkan permusuhan," ucapnya, di Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2022).

Wapres meyakini apabila para petinggi partai sudah memulai kebiasaan membuat statement menimbulkan permusuhan maka jajaran di bawahnya akan turut mengikuti. Oleh sebabnya, permusuhan antarpartai pun bisa terjadi.



"Kalau di atas sudah ada unsur-unsur itu (statement permusuhan), maka di bawah akan bisa lebih parah, akan bisa lain artinya lebih tajam permusuhannya itu," ucapnya.

Wapres juga meminta peran santri pada tahun politik ini. Santri, jelas dia, dapat menjadi median agar perbedaan aspirasi politik tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat. "Santri itu harus berperan supaya perbedaan aspirasi politik itu tidak menimbulkan konflik ke masyarakat. Fanatisme kelompok, fanatisme capres itukan jangan sampai menganggap yang tidak seaspirasi sebagai musuh," ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)