15 Tokoh Penting di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda, Ada yang Keturunan Tionghoa

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
A A A
11. Johan Mohammad Cai
Dalam Kongres Pemuda II, tak hanya ada panitia dan anggota organisasi daerah. Dalam Kongres Pemuda II, Johan Mohammad Cai berperan sebagai Pembantu I di Kepanitiaan Kongres Pemuda. Ia juga merupakan salah satu tokoh yang aktif membantu para panitia.

12. R Katja Soengkana
Katja Soengkana merupakan perwakilan dari Pemoeda Indonesia atau Jong Indonesie. Dalam Kongres Pemuda II, ia aktif berperan menjadi Pembantu II

13. Rumondor Cornelis Lefrand Senduk
Senduk merupakan anggota Jong Celebes asal Minahasa, Sulawesi Utara. Dalam Kongres Pemuda II, ia berperan sebagai Pembantu III.

14. Rumondor Rochjani Su'ud
Dalam Kongres Pemuda II, ia hadir membawa nama Pemoeda Betawi, yang ia pimpin sendiri. Ia merupakan ahli hukum, yang aktif berperan sebagai Pembantu V dalam Kongres Pemuda II.

15. Theodora Athia Salim (Dolly Salim)
Theodora Athia Salim atau dikenal sebagai Dolly Salim merupakan putri dari Agus Salim. Ia bukanlah anggota Kongres Pemuda II. Namun merupakan orang yang menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah WR Supratman dalam Kongres Pemuda II.

Saat itu, setelah WR Supratman menyelesaikan nyanyiannya, para peserta Kongres bersorak untuk kembali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hingga akhirnya Dolly pun terpilih untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Namun lirik "merdeka... merdeka..." yang harusnya dinyanyikan, ia ganti menjadi "mulia... mulia...". Hal tersebut lantaran Kongres Pemuda II dijaga ketat oleh Belanda, dan dilarang menyebutkan kata "merdeka".

MG/Sekar Rahmadiana Ihsan
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2564 seconds (0.1#10.140)