15 Tokoh Penting di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda, Ada yang Keturunan Tionghoa

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
15 Tokoh Penting di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda, Ada yang Keturunan Tionghoa
Gambaran suasana Kongres Pemuda II di Batavia pada 27-28 Oktober 1928. FOTO/Koleksi Museum Sumpah Pemuda
A A A
JAKARTA - Sumpah Pemuda diperingati oleh bangsa Indonesia setiap 28 Oktober. Banyak tokoh penting berperan dalam peristiwa yang menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (saat ini bernama Jakarta). Mengutip situs resmi Kemendikbud, Kongres Pemuda II diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres digelar di tiga gedung berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Rapat pertama dilaksanakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng pada Sabtu, 27 Oktober 1928. Sejumlah tokoh pemuda menyampaikan pemikirannya tentang persatuan.



Rapat kedua digelar di Gedung Oost-Java Bioscoop, pada Minggu, 28 Oktober 1928, yang membahas masalah pendidikan. Sementara rapat ketiga di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat yang membahas mengenai gerakan kepanduan, nasionalisme, dan demokrasi.

Dalam rapat ketiga ini diperdengarkan lagu "Indonesia" karya Wage Rudolf Supratman yang kelak menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres yang diucapkan sebagai Sumpah Setia. Berikut ini bunyi sumpah tersebut:

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia
Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia
Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia

Lalu siapa saja tokoh yang berperan dalam Kongres Pemuda II? Berikut ini 15 tokoh penting di balik lahirnya Sumpah Pemuda:

1. Soegondo Djojopoespito
Salah satu tokoh yang memiliki peran terpenting dari pelaksanaan Kongres Pemuda II adalah Soegondo Djojopoespito. Soegondo lahir di Tuban, Jawa Timur, pada 22 Februari 1905. Ia berperan sebagai ketua Kongres Pemuda II, yang memimpin jalannya seluruh kegiatan rapat.

Soegondo dikenal sebagai aktivis pendidikan. Ia juga merupakan anggota Persatuan Pemuda Indonesia (PPI). Atas persetujuan Mohammad Hatta, ia terpilih menjadi ketua Kongres Pemuda II.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)