Pasangan Anies-Ganjar Paling Difavoritkan di Pilpres 2024

Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:49 WIB
loading...
Pasangan Anies-Ganjar Paling Difavoritkan di Pilpres 2024
Anies Baswedan-Ganjar Pranowo paling disukai dalam simulasi pasangan capres-cawapres 2024 yang dilakukan IPO. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lewat simulasi pasangan capres-cawapres, hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) mencatat Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 . Pasangan ini mendapatkan dukungan sebanyak 41,5%.

Direktur Eskekutif IPO Dedi Kurnia Syah menjelaskan survei dilakukan dengan membentuk simulasi terhadap beberapa model pasangan dari sejumlah calon yang saat ini tengah populer hendak maju pada kontestasi pilpres 2024. Ia pun menyampaikan para responden diberikan pertanyaan apabila pilpres diadakan saat ini, kiranya pasangan mana yang akan dipilih.



"Dari sekian banyak pasangan calon yang kami tawarkan, masyarakat cenderung memilih pasangan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai pasangan Capres-Cawapres dengan perolehan 41,5%," ungkap Dedi saat memaparkan hasil surveinya, Rabu (26/10/2022).

Selain pasangan Anies-Ganjar, lanjut Dedi, pasangan Prabowo Subianto dan Erick Thohir ikut menyusul perolehan popularitas dengan persentase 37,5%. Kemudian disusul di peringkat tiga yaitu pasangan Anies-Erick dengan perolehan 34,2%.

"Akan tetapi dari responden yang kami survei, mereka akan memilih Anies Baswedan jika disimulasikan pemilihan Presiden akan dilakukan hari ini. Anies memperoleh 37,5% dan disusul Prabowo dengan 31,9%," terang Dedi.



Menurut Dedi, masyarakat memiliki kriteria khusus dalam memilih calon presiden untuk pemilu 2024 nanti. Ia menyatakan kewibawaan menjadi faktor utama keterpilihan calon presiden dengan skor 27 persen dari surveinya.

Secara individu, survei IPO mencatat elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di peringkat teratas dengan 24,8%. Anies Baswedan berada di peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 22,5%. Sedangkan, Ganjar Pranowo menduduki peringkat ketiga dengan elektabilitas sebesar 19,3%.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)