ISEF, Lebarannya Pegiat Ekonomi dan Keuangan Syariah

Rabu, 26 Oktober 2022 - 11:54 WIB
loading...
ISEF, Lebarannya Pegiat Ekonomi dan Keuangan Syariah
Herry Aslam Wahid dan Rahmi Mabrury (Foto: Ist)
A A A
Herry Aslam Wahid, Direktur Eksekutif MES
Rahmi Mabrury, Ekonom DEKS Bank Indonesia

BANK Indonesia berkolaborasi dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama berbagai mitra strategis domestik maupun internasional kembali menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke 9 di Jakarta Convention Center. Penyelenggaraan ISEF 2022 ini terasa berbeda karena beberapa agenda sudah dilakukan secara hybrid, berbeda dengan dua tahun penyelenggaraan sebelumnya yang dilakukan secara daring karena Covid-19.

Beberapa agenda monumental strategis dan capaian fantastis juga berhasil. Bukan tanpa alasan ISEF menjadi agenda tahunan yang terus dinanti dan mendapat respons luar biasa besar dari para pemangku kepentingan ekonomi keuangan syariah Indonesia.

Baca berita menarik lainnya di e-paper koran-sindo.com

Ibarat perayaan hari besar Islam, ISEF adalah hari lebaran bagi insan pegiat ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia bahkan global. Semangat berjamaah untuk menyemarakkan gelaran tahunan ini begitu kentara sejak awal persiapan yang dikomandoi langsung oleh Bank Indonesia. Demikian halnya para pihak yang terlibat, dengan kekhasan dan tupoksi masing-masing instansi disibukkan dengan koordinasi untuk memastikan bahwa "lebaran" akan berjalan dengan baik dan sukes secara kolektif.

Riuh masyarakat dalam menyambut “lebaran” ini telah diselenggarakan rangkaian kegiatan jelang (road to) ISEF serta rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) di tiga wilayah meliputi wilayah Timur Indonesia dipusatkan di Makassar, wilayah Sumatera di Aceh, dan wilayah Jawa di Surabaya sejak April hingga September 2022.

Puncak penyelenggaraan ISEF yang berlangsung selama lima hari mulai 5 hingga 9 Oktober 2022 menyajikan beragam agenda di antaranya nasional dan internasional forum/ seminar/ conference/ talk show, pameran Sharia fair, kompetisi, Internasional Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2022, serta pencanangan gerakan penguatan ekosistem Global Halal Hub, gerakan nasional akselerasi sertifikasi halal dan resolusi pengembangan pariwisata ramah muslim Indonesia.

Perhelatan ISEF ke 9 mengangkat tema yang beresonansi dengan tema Presidensi G20 Indonesia, “Recover Together Recover Stronger Optimizing Sharia Economy and Finance For Inclusive Recovery”. ISEF yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Gubernur BI Perry Warjiyo serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ini difokuskan untuk mendorong pemulihan ekonomi dan terbagi dalam tiga topik utama, yaitu economic inclusion, halal & green lifestyle, dan digitalization.

Laporan panitia menyebutkan, sebanyak 163 program kegiatan ekonomi dan keuangan syariah telah dilaksanakan, dimulai dari agenda Road to ISEF, Fesyar, yang diakhiri dengan pelaksanaan main agenda ISEF. Tentunya kegiatan ini tidak semata untuk mengejar kehebohan publik, lebih dari itu yaitu untuk menjadikan sebuah gerakan bersama yang terorkestrasi dengan apik dan konsisten, sehingga diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai pertumbuhan yang lebih kuat, inklusif, dan berkelanjutan, melalui penguatan serta pengembangan sektor-sektor potensial dalam ekonomi dan keuangan syariah.

Tercatat sebanyak 566.181 orang pengunjung menghadiri acara ISEF, terdiri dari 19.096 orang hadir secara offline dan sebanyak 34.326 orang hadir secara online. Dari sisi nilai transaksi secara keseluruhan penyelenggaraan kegiatan hingga awal Oktober 2022 berhasil mencapai Rp27,6 triliun yang mencakup pembiayaan lembaga keuangan syariah, transaksi B to B, transaksi B to C dan transaksi exhibition ISEF 2022, termasuk kegiatan FESyar. Bahkan untuk kegiatan pameran bisnis syariah selama lima hari pelaksanaan ISEF berhasil ditransaksikan senilai Rp3,194 miliar. Sedangkan jumlah pelaku usaha yang terlibat dalam pameran mencapai 950 pelaku usaha baik secara offline dan virtual.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1971 seconds (11.97#12.26)