Jokowi Instruksikan Pengobatan Gratis untuk Pasien Rawat Gagal Ginjal

Senin, 24 Oktober 2022 - 21:58 WIB
loading...
Jokowi Instruksikan Pengobatan Gratis untuk Pasien Rawat Gagal Ginjal
Presiden Jokowi menginstruksikan jajarannya menyiapkan pelayanan kesehatan termasuk obat-obatan yang dapat mengatasi dan menangani masalah gagal ginjal. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan pelayanan kesehatan termasuk pengadaan obat-obatan yang dapat mengatasi dan menangani masalah gagal ginjal di Tanah Air.

Hal tersebut disampaikannya saat menggelar rapat internal terkait perkembangan kasus obat penyebab gagal ginjal dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat,Senin (24/10/2022).

"Siapkan pengadaan obat-obatan yang dapat mengatasi, menangani dari gagal ginjal ini. Saya minta diberikan pengobatan gratis kepada pasien-pasien yang dirawat. Ini penting sekali," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Duh, Balita Gagal Ginjal Akut di Palembang Bertambah

Arahan lainnya, Jokowi meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menarik dan menghentikan peredaran obat sirup yang secara eviden terbukti mengandung bahan obat penyebab gangguan ginjal.

"Saya kira akan lebih bagus lagi kalau diumumkan, diinformasikan secara luas mengenai nama produknya," ungkap Presiden.

Selain itu, Presiden juga meminta Kementerian Kesehatan untuk melakukan eksplorasi terhadap seluruh faktor risiko penyebab kasus gagal ginjal, baik dari sumber obat-obatan maupun potensi penyebab lainnya.

"Ini harus kita pastikan betul. Uji klinis harus dilakukan. Laboratorium seluler pada organ ginjal yang terdampak juga betul-betul dilihat betul sehingga kita bisa memastikan apa yang menjadi penyebab dari gagal ginjal terutama pada anak," kata Jokowi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)