Komnas HAM Selidiki Dugaan Penghapusan Rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 10:21 WIB
loading...
Komnas HAM Selidiki Dugaan Penghapusan Rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan
Komnas HAM mendapatkan penjelasan secara menyeluruh terkait teknis proses uji rekaman CCTV. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komnas HAM telah memeriksan beberapa titik lokasi CCTV yang berada di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Komnas HAM ingin memastikan informasi terkait adanya dugaan penghapusan rekaman CCTV.

"Kita cek soal CCTV. Kami minta penjelasan dari teknisi yang ada di sini (Kanjuruhan)," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, Jumat (21/10/2022).



Dia pun mendapatkan penjelasan secara menyeluruh terkait teknis selama proses uji rekaman CCTV. Teknisi juga menyampaikan ada beberapa rekaman CCTV yang eror dan sempat dianggap hilang atau dihapus.

"Kita dijelaskan kenapa kok ini ada blank, terus kenapa kok dianggap ada hilang di titik mana itu tadi banyak dijelaskan cukup detail sekali dan sekarang masih proses," terangnya.



Dari serangkaian penjelasan langsung oleh teknisi, Anam menegaskan ada dua titik CCTV yang awalnya diduga hilang atau dihapus ternyata disebabkan masalah teknis.

"Intinya adalah CCTV yang di titik parkir yang katanya hilang atau dihapus 3 jam. Itu tadi dijelaskan sama teknisinya itu akibat kameranya yang di titik parkir itu diganti pada hari Jumat (H-1). Hari Jumat itu ada pergantian CCTV," jelasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)