Pemilu 2024, Mahfud MD Ragu Politik Uang Akan Hilang

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 04:12 WIB
loading...
Pemilu 2024, Mahfud MD Ragu Politik Uang Akan Hilang
Menko Polhukam, Mahfud MD ragu jika politik uang akan hilang di Pemilu 2024. Meski kata Mahfud MD, Pemilu 2024 diadakan sesuai dengan ketentuan konstitusi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD ragu jika politik uang akan hilang di Pemilu 2024 . Meski kata Mahfud MD , Pemilu 2024 diadakan sesuai dengan ketentuan konstitusi.

Hal ini disampaikan Mahfud MD dalam dialog dengan Rocky Gerung di YouTube. Mahfud MD menjelaskan kepada Rocky, penyelenggaraan pemilu yang substantif masih sulit untuk dihindari.

"Karena ada teori yang dikembangkan oleh Pak Budiono waktu pidato pengukuhan guru besarnya, beliau mengatakan, jangan harap pemilu kita menjadi substantif kalau pendapatan per kapita itu belum mencapai 5.500. Itu pasti akan jual beli lah kalau kata Pak Budiono," ujar Mahfud MD, Kamis (20/10/2022)

Baca juga: PKPU Tahapan Pemilu 2024 Resmi Diundangkan

Tetapi Mahfud MD menegaskan, meski kondisi pemilu yang diprediksi masih melibatkan politik uang tersebut, tetap harus dilalui. Ia menilai, proses pendewasaan pemilu harus dilakukan meski pahit kenyataanya.

"Nah itu akan terjadi di Pemilu 2024, tetapi itu harus dilalui sampai akhirnya nanti pemilu ini semakin lama semakin baik," tegas Mahfud.



Untuk diketahui, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengingatkan, upaya pencegahan kepada penyelenggara Pemilu 2024, yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP terkait politik uang (money politic).

Ia mengatakan, praktik politik uang dapat menyebabkan biaya politik tinggi. Akibatnya, banyak calon kepala daerah maupun legislatif menggandeng sponsor dari pengusaha untuk memuluskan jalannya.

"Dari beberapa survei yang kami lakukan dan data Kemendagri, biaya politik mahal sekali. Semakin tinggi biaya dikeluarkan, semakin besar peluang untuk menang. Semakin tinggi memberi uang, masyarakat kita semakin memilihnya," katanya kepada wartawan, Kamis (21/7/2022).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)