Ganjar Siap Nyapres, Direktur Trias Politika: Turunkan Sekoci Agar Tak Mubazir

Kamis, 20 Oktober 2022 - 01:06 WIB
loading...
Ganjar Siap Nyapres, Direktur Trias Politika: Turunkan Sekoci Agar Tak Mubazir
Gubernur Jawa Tengah yang juga politikus PDIP Ganjar Pranowo siap nyapres di 2024. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah Anies Baswedan dideklarasikan oleh Partai Nasdem sebagai capres resminya, dinamika politik di Tanah Air semakin bergulir kencang. Terbukti secara eksternal, mengemuka tuntutan agar partai yang dipimpin oleh Surya Paloh ini mundur dari kabinet dan koalisi-koalisi prapilpres yang sudah eksis, mulai mengakselerasi manuver politiknya.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro mengatakan, tercatat Koalisi Indonesia Baru (KIB) mengumumkan bahwa paket capres-cawapres akan dirilis pada November 2022. Kemudian, kata dia, Koalisi Indonesia Raya rencananya pada akhir Oktober akan meresmikan Prabowo-Cak Imin sebagai kandidat yang diusung, dan terakhir Ganjar Pranowo (Ganjar), untuk pertama kalinya menyatakan kesediaannya maju sebagai capres.

“Soal Ganjar ini menarik. Karena selama ini dia (Ganjar) terkesan ‘nrimo’ dengan apa pun arahan yang telah digariskan partai kepadanya sebagai kader. Namun, ketika ia mendeklarasikan resmi dirinya sebagai capres, otomatis memberi ‘tekanan’ kepada Megawati sebagai Ketua Umum (Ketum) agar segera meresmikan kandidatnya,” kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/10/2022).

Padahal di saat yang sama, kata dia, rekomendasi Rakernas PDIP menginstruksikan semua kader soal pencapresan menjadi hak prerogatif Ketum. Sehingga, kata dia, Puan Maharani (Puan) bisa menjalin komunikasi dengan mitra koalisi lainnya menimbang PDIP tak ingin maju sendiri di pilpres walaupun telah memenuhi presidential threshold.

“Realitas politik di internal tersebut diafirmasi oleh Hasto Kristiyanto, sekaligus mengumumkan bahwa capres PDIP akan dideklarasikan di bulan Juni 2023 atau bertepatan dengan Bulan Bung Karno,” katanya.

Setelah Nasdem dan PAN merekomendasikan Ganjar sebagai salah satu capres beberapa waktu lalu, kata dia, kini menguat pula nama Ganjar di PPP dan Golkar. Ini artinya, kata dia, peluang Ganjar diusung oleh KIB membesar. Menimbang Nasdem kemungkinan besar masuk ke dalam Koalisi Perubahan Indonesia (KPI) bersama Demokrat dan PKS dengan mengusung Anies Baswedan (Anies) sebagai presiden.

Jika demikian, kata dia, otomatis rentang waktu Juni 2023 sebagai dasar waktu memutuskan capres PDIP, menempatkan partai berlambang banteng ini semakin ketinggalan kereta. Di tengah semakin mengerucutnya poros-poros koalisi beserta paket komplet capres-cawapres yang diusung.

“Apalagi arahan Puan maju mewakili partai sebagai capres semakin menguat di internal mulai dari Pengurus DPP, Fraksi DPR, hingga pengurus daerah ketimbang Ganjar. Dengan demikian, Ganjar perlu merespons situasi politik ini dengan mendorong skema alternatif atau menurunkan sekoci politiknya, agar elektabilitas yang selama ini dimiliki tak berakhir mubazir,” kata Agung.

Sehingga, masih kata Agung, aspirasi publik atau realitas sosial yang mendorongGubernur Jawa Tengah itu untuk maju ke arena pilpres bisa diwadahi dengan baik. Untuk itu, kata dia, ada beberapa skenario politik yang bisa didorong.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)