Jangan Hanya Polri, Anwar Abbas Minta Jokowi Juga Sentil Pejabat Lain yang Pamer Kemewahan

Senin, 17 Oktober 2022 - 10:07 WIB
loading...
Jangan Hanya Polri, Anwar Abbas Minta Jokowi Juga Sentil Pejabat Lain yang Pamer Kemewahan
Anwar Abbas meminta Presiden Jokowi tidak berhenti dengan hanya memberi peringatan. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengapresiasi Presiden Jokowi yang mengingatkan jajaran Polri untuk tak memamerkan hidup mewah. Ini penting di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang masih mengalami kesulitan akibat tekanan ekonomi.

"Peringatan yang disampaikan Presiden Jokowi kepada para pejabat di kalangan Polri supaya jangan menampilkan gaya hidup mewah tentu sangat patut kita hargai karena hal demikian jelas tidak elok dan sangat menyinggung perasaan dan hati rakyat banyak," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Namun demikian, Anwar juga meminta Jokowi menyentil para pejabat pemerintahan lain yang juga tampak pamer gaya hidup mewah. Menurutnya sikap dan perilaku sejumlah pejabat terlihat materialistik dan hedonistik.



"Tetapi sebaiknya imbauan presiden tersebut jangan hanya ditujukan kepada jajaran polri saja tapi juga kepada seluruh para pejabat di instansi-instansi lain karena sikap dan perilaku mereka terlihat juga sudah sangat materialistik dan hedonistik sekali," ujar dia.

Menurut Anwar Abbas, agar tercipta pemerintahan yang bersih dan memiliki sense of crisis, sebaiknya presiden tidak berhenti dengan hanya memberi peringatan.Jokowi juga diminta mempersoalkan asal muasal kekayaan para pejabat hingga jajaran polisi itu.

"Karena kalau kita lihat kepada gaji dan honor yang mereka terima maka adalah mustahil rasanya mereka akan bisa punya kekayaan sebesar itu," tutur Ketua PP Muhammadiyah ini.

Dengan demikian, dia berharap presiden jokowi dapat mendukung dan menerapkan pembuktian terbalik. Masing-masing pejabat diminta untuk menjelaskan dan membuktikan dari mana kekayaan yang mereka dapat.



"Hal ini tentu sangat penting dilakukan karena kalau tidak, maka kecurigaan masyarakat terhadap mereka tentu akan semakin tinggi dan bila hal tersebut tidak bisa dicegah maka tidak mustahil hal demikian tentu akan bisa memancing terjadinya keresahan dan atau kegaduhan di tengah-tengah masyarakat,"kata dia.

Presiden Jokowi dalam Pengarahan kepada Pati Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolres se-Indonesia pada 14 Oktober 2022 lalu meminta seluruh anggota Polri untuk tidak memamerkan gaya hidup mewah.

"Sehingga semua harus punya sense of crisis yang sama hati-hati dengan ini. Saya ingatkan masalah gaya hidup Life style, jangan sampai di tengah situasi yang sulit ada letupan-letupan karena ada kecemburuan sosial ekonomi. Hati-hati ini saya ingatkan," ujar Jokowi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)