Di Sidang IPU ke-145, DPR Tegaskan Indonesia Berkomitmen Penuh Atasi Perubahan Iklim

Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Ketua asosiasi museum ini mengakui Indonesia merupakan negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar kelima di dunia dan penyumbang emisi berbasis hutan terbesar. Kendati demikian, Indonesia punya bentangan hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia.

Maka itu, Indonesia memiliki peranan penting untuk menjadi negara yang super power dalam menanggulangi perubahan iklim. Putu menilai sangat penting untuk menginformasikan bahwa Indonesia mampu mengurangi emisi dan deforestasi secara signifikan.

“Namun, masih membutuhkan dukungan dan kontribusi dunia internasional dan perlu digarisbawahi bahwa sektor kehutanan telah berkontribusi 60 persen dalam mencapai target net-zero emisi,” imbuhnya.

Putu dalam forum sidang tersebut juga menyampaikan bahwa Indonesia mendorong regulasi kehutanan global yang tetap dan tidak mengikat guna menjaga fleksibilitas pemerintah dalam pengelolaan hutan lestari. “Yang sesuai dengan keseimbangan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi serta keunikan wilayah dan kondisi masing-masing negara,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7953 seconds (0.1#10.140)