3 Alumni Kopassus yang Menjadi Pejabat Negara di Era Presiden Jokowi

Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:34 WIB
loading...
A A A
Setelah memimpin berbagai operasi, Prabowo merehatkan diri ke beberapa negara Eropa. Ia lalu beralih menjadi pebisnis dan berhasil menggerakan sekitar 27 perusahan di berbagai bidang. Tak hanya itu, ia pun aktif di bidang politik, pemerintahan sosial serta olahraga.

Prabowo pernah mengajukan diri sebagai calon presiden sebanyak tiga kali, tapi sayang belum terpilih. Kini, Prabowo resmi dilantik menjadi Menteri Pertahanan ke-26 dalam Kabinet Indonesia Maju dengan masa jabatan lima tahun (2019-2024).

Baca juga: Profil Letjen TNI (Purn) Kuntara, Jenderal Kopassus Keturunan Tionghoa

2. Jenderal TNI Kehormatan Purn) Luhut Binsar Panjaitan
3 Alumni Kopassus yang Menjadi Pejabat Negara di Era Presiden Jokowi

Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan saat wawancara khusus dengan MNC Portal Indonesia di kantornya, Rabu (9/2/2022). FOTO/DOK.SINDOnews

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Panjaitan saat ini menjabata sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves). Ia memulai karir militernya setelah lulus dari Akademi Militer (1970) dan mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Pria berdarah Batak tersebut menekuni bidang militer di Kopassus TNI AD. Memiliki latar pendidikan dan pelatihan yang baik, ia dipercaya menduduki jabatan Komandan Pertama Detasemen 81, Komandan Grup 3 Kopassus, Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri, Komandan Pendidikan dan Latihan TNI AD, dan berbagai jabatan militer lainnya.

Luhut sudah lama berkecimpung di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan (2000-2001), Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (2014), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (2015). Saat ini Luhut ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (2019-saat ini).

3. Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso
3 Alumni Kopassus yang Menjadi Pejabat Negara di Era Presiden Jokowi

Mantan Kepala BIN Letjen (Purn) Sutiyoso. FOTO/DOK.SINDOnews

Letjen TNI (Purn) Sutiyoso, seorang perwira tinggi dan juga politikus. Setelah lulus dari AKABRI di Magelang (1968), ia memulai karir bidang militernya menjadi Asisten Personel, Asisten Operasi, Wakil Komandan Jenderal Kopassus (1988-1992), dan berbagai jabatan militer lainnya.

Berkat kepandaiannya, Sutiyoso terpilih sebagai Komandan Resimen terbaik se-Indonesia (1994). Atas prestasinya, ia dipercaya untuk menduduki Panglima Kodam Jaya (1996). Kemudian beralih ke dunia politik, Sutiyoso berhasil memenangkan Pilgub dan resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta selama dua periode (1997-2007), serta berhasil menjalankan berbagai program kerjanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)