Siswi MTs N 3 Jakarta Kenalkan Batik Tulis Betawi di Ajang Myres 2022

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:21 WIB
loading...
Siswi MTs N 3 Jakarta Kenalkan Batik Tulis Betawi di Ajang Myres 2022
Dalam ajang Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres) Tingkat Nasional Tahun 2022, Siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 3 Jakarta, Rafila Anindya Ahmad, kenalkan Batik Tulis Betawi
A A A
JAKARTA - Dalam ajang Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres) Tingkat Nasional Tahun 2022, Siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 3 Jakarta, Rafila Anindya Ahmad, kenalkan Batik Tulis Betawi

Bagi Rafila tahun ini merupakan keikutsertaannya yang kedua. Tahun lalu ia ikut ajang yang sama namun tidak sampai masuk ke babak final. "Tahun ini saya bisa masuk ke babak final, saya sangat senang, karena tahun lalu hanya masuk 15 besar," kata Rafila.

Rafila mengaku dirinya tidak menyangka dapat masuk ke babak final gelaran Expo Myres Tingkat Nasional Tahun 2022 ini. "Saya tidak menyangka bisa masuk ke babak final, Alhamdulillah saya bersyukur tahun ini bisa masuk ke babak final," ujar Rafila di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Gadis manis ini mengangkat penelitian berjudul, 'Perempuan dan Canting, Strategi Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Batik Betawi Rusun Tambora Jakarta Untuk Perekonomian Keluarga'.

Menurut Rafila, isu prioritas kesetaraan gender, pemberdayaan dan hak perempuan bekerja menjadi pembahasan dalam Forum Internasional 2020 pada Women 20 (W20).

"Hal ini yang membuat saya yakin untuk mengangkat isu ini dalam penelitian saya. Partisipasi perempuan dinilai penting dalam pembangunan berkelanjutan terutama isu kesetaraan gender di era VUCA saat ini," ujarnya.

Rafila menambahkan, pemberdayaan perempuan pengrajin batik Betawi di rusun Tambora Jakarta ini membawa dampak langsung pada perekonomian keluarga dan juga dampak tidak langsung pada pengrajin batik yaitu dari sisi sosial, intelektual, keterampilan seni dan budaya.

"Menang tidaknya dalam ajang ini bukan menjadi hal yang utama, yang terpenting saya sudah menunjukkan yang terbaik, dan memperkenalkan batik Betawi dalam ajang nasional ini," tutur Rafila.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1614 seconds (10.101#12.26)