Pertemuan Airlangga-Puan, PAN: Komunikasi KIB-PDIP Lebih Intensif

Selasa, 11 Oktober 2022 - 05:38 WIB
loading...
Pertemuan Airlangga-Puan, PAN: Komunikasi KIB-PDIP Lebih Intensif
Juru Bicara (Jubir) DPP PAN Viva Yoga Mauladi. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional ( PAN ) tidak mepersoalkan pertemuan antara Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Monas, Sabtu 8 Oktober 2022. Pernyataan ini disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) DPP PAN Viva Yoga Mauladi.

"Pak Airlangga dengan Mbak Puan adalah bagian dari rangkaian safari politik Mbak Puan dan PDIP ke seluruh partai politik. PAN mengapresiasi dan senang atas jalan pagi sehat itu karena silaturahmi dipastikan akan semakin mempererat hubungan antara PDIP dengan Golkar, yang secara otomatis juga akan semakin mempererat hubungan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama dengan PAN dan PPP," kata Viva kepada wartawan, Selasa (11/10/2022).

Wakil Ketua Umum DPP PAN ini menegaskan, KIB masih dan tetap solid. Bahkan, tidak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan dalam KIB.

"Jika ada perubahan koalisi di KIB, bukan untuk mengurangi anggota, tetapi bertambah jumah anggota koalisi," ujarnya.

Viva menjelaskan, dari persyaratan pencalonan di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, PDIP sudah dapat mengusung pasangan calon (paslon) sendiri, sehingga PDIP lebih bebas dalam menentukan tambahan koalisi untuk memperbesar basis konstituen di Pilpres 2024, KIB pun sudah memenuhi persyaratan 20 persen presidential threshold.

"Begitu juga KIB sudah dapat memenuhi persyaratan presidential threshold 20 persen sesuai dengan pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," terang mantan Anggota DPR RI ini.



Oleh karena itu, menurut Viva, kondisi politik masih cair dan dinamis. Dan proses komunikasi masih akan terus berlanjut, termasuk PDIP dan KIB yang akan terus menjalin komunikasi secara intensif.

"PDIP dan KIB akan terus menjalin komunikasi secara intensif untuk ke depannya dalam merumuskan peluang koalisi," tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)