Aliansi Santri Moeldoko: Maulid Nabi Momentum Pererat Persatuan Bangsa

Senin, 10 Oktober 2022 - 13:11 WIB
loading...
Aliansi Santri Moeldoko: Maulid Nabi Momentum Pererat Persatuan Bangsa
Aliansi Santri Moeldoko (ASM) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H dan Hari Santri Nasional Tahun 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aliansi Santri Moeldoko (ASM) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H dan Hari Santri Nasional Tahun 2022. Pembacaan Maulid Nabi dan sholawat dilanjutkan dengan lantunan pembacaan Al-Qur'an membuka prosesi acara.

"Pengajian Akbar sekaligus peringatan maulid Nabi Muhammad SAW selain menjadi momen untuk mengingat sejarah Rasulullah," kata M Daffa Mahardika, Ketua Aliansi Santri Moeldoko (ASM) di Ponpes Al Bushaeriyyah, Jakarta, Minggu (9/10/2022).

"Mulai dari kelahiran, perjalanan dakwah maupun dalam meneladani akhlak beliau, juga menjadi momen untuk menjalin silaturahmi antar para jamaah yang hadir," tambahnya.

Baca juga: HT Sebut Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Habib Ali Zainal Alkaff dalam ceramahnya berpesan, untuk selalu menjaga persatuan bangsa, jangan mengedepankan nafsu tapi ilmu, karena ilmu hidup menjadi terarah.

"Dengan ilmu seseorang akan dapat menunaikan tugas dengan baik dan benar. Orang yang mengetahui, tidak sama dengan orang yang tidak mengetahui; orang yang berilmu tidak sama dengan orang yang tidak berilmu," jelas Habib Ali.

"Sesungguhnya orang yang dapat menarik pelajaran hanyalah ulul albab yaitu orang yang berakal bersih, murni, dan cerah," sambung Habib Ali Zainal Alkaff yang juga mengutip, QS. An-Nahl/16:78.

Beliau menambahkan, khusus kepada santri Moeldoko, Habib Ali Zainal Alkaff berpesan ilmu itu seperti air; ada yang turun dari atas dan ada yang keluar dari bawah.

"Orang beriman niscaya mensyukuri anugerah Allah SWT berupa pendengaran, penglihatan, dan hati untuk menggapai ilmu, pengetahuan, dan kebenaran," ujarnya.

Sementara Robet selaku Ketua RT 07 Pinangsia Taman Sari, Jakarta Barat dirinya menyambut baik eksistensi generasi muda yang tergabung dalam Aliansi Santri Moeldoko (ASM) menjadi teladan mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad setiap tahun dilingkungan warganya.

"Berharap agar acara maulid nabi diadakan setiap tahun supaya masyarakat dan khususnya anak-anak muda milenial bisa mengambil nilai dan akhlak Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan keberkahan dan diberikan syafaat oleh Nabi Muhammad," ujar Robet.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2626 seconds (0.1#10.140)