Siap Mati untuk PDIP, Siapa Jenderal TNI Ganip Warsito?

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:35 WIB
loading...
Siap Mati untuk PDIP, Siapa Jenderal TNI Ganip Warsito?
Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito bergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selepas pensiun. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito bergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) selepas pensiun. Ganip Warsito pun mengaku siap mati untuk partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu.

"Bicara idealisme, bicara ideologi, bicara nasionalisme, itu kok rasanya ada pada saya di saat perjuangan kepada rakyat itu. Kok yang selama ini saya lakukan saat menjabat, dan tanpa ragu sedikit pun siap mati untuk PDIP," kata Ganip Warsito dalam talkshow perayaan HUT ke-77 TNI yang digelar PDIP bertema TNI adalah Kita di Kantor DPP PDIP Gedung B, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/10/2022).

Lalu, siapa Ganip Warsito?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021). Ganip menggantikan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.





Pada Rabu 17 November 2021, tongkat komando penanggulangan bencana nasional telah diserahkan Ganip Warsito kepada Mayjen TNI Suharyanto dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Ruang Serbaguna Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta. Saat ini Ganip Warsito menjabat Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Kerja Sama Lembaga.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BNPB, Ganip Warsito adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI periode 26 Januari 2021 hingga 25 Mei 2021. Dirangkum dari berbagai sumber, pria kelahiran 23 November 1963, Magelang, Jawa Tengah ini juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kogabwilhan III) yang bermarkas di Timika, Papua.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini mengawali karier di TNI sebagai Komandan Peleton (Danton) Kipan D Yonif 527/Baladibya Yudha. Selanjutnya, Ganip menjabat Danton 2 Kipan B Yonif 527/Baladibya Yudha, dan Kasi 2/Ops Yonif 527/Baladibya Yudha.

Kemudian, karier Ganip terus meningkat menjadi Dankipan C Yonif 527/Baladibya Yudha, dan Dankima Yonif 527/Baladibya Yudha. Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat Dankima Yonif 516/Caraka Yudha, Pama Rindam V/Brawijaya, Kaurnik Rindam V/Brawijaya, serta Dankijar Rindam V/Brawijaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)