Siaga! Hujan Lebat Diprediksi Melanda 9-15 Oktober 2022

Minggu, 09 Oktober 2022 - 05:35 WIB
loading...
Siaga! Hujan Lebat Diprediksi Melanda 9-15 Oktober 2022
Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, diprediksi melanda sebagian wilayah Indonesia periode 9-15 Oktober 2022.Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, diprediksi melanda sebagian wilayah Indonesia periode 9-15 Oktober 2022.

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

"Kemudian aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnavati dalam keterangannya, Sabtu (8/10/2022).



Untuk periode tiga hari ke depan hingga 10 Oktober 2022, berdasarkan prakiraan berbasis Dampak, sebagian wilayah di Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi Tengah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga.

Terkait hal ini, BMKG menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan penanganan dampak hujan dan mengingatkan kepadaa masyarakat.

Pertama, memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Kedua, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Ketiga, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

Keempat, menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi).

Kelima, lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi.

Keenam, terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)