Ini 3 Periode Presiden Indonesia dengan Jumlah Utang Luar Negeri Terbanyak

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:10 WIB
loading...
Ini 3 Periode Presiden Indonesia dengan Jumlah Utang Luar Negeri Terbanyak
erdapat sejumlah periode Presiden Indonesia dengan jumlah utang luar negeri terbanyak. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah periode Presiden Indonesia dengan jumlah utang luar negeri terbanyak. Indonesia diketahui telah memiliki kaitan dengan utang luar negeri sejak lama, termasuk pada era Presiden Soekarno.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, datangnya utang kala itu berasal dari salah satu kesepakatan dalam Konferensi Meja Bundar yang dilakukan bersama Belanda.

Baca juga : Utang dalam Membangun Negeri

Kala itu, Belanda memberi syarat pengakuan kedaulatan berupa tanggungan utang zaman Hindia Belanda sekitar USD1,13 miliar. Untuk memenuhinya, Presiden Soekarno kala itu mencoba mencari pinjaman ke negara lain serta IMF.

Di akhir kepemimpinannya, orde lama tercatat mewariskan utang luar negeri sekitar USD2,4 miliar atau setara dengan 24 persen PDB kala itu.

Seiring waktu, pusaran utang luar negeri di Indonesia terus berlanjut di era Presiden setelahnya. Bahkan, besarannya pun diketahui semakin bertambah.

Berikut tiga periode presiden Indonesia dengan jumlah utang luar negeri terbanyak :

1. Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo tercatat sebagai Presiden Indonesia yang ke-7. Mantan Gubernur DKI ini mulai memimpin tanah air sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Menurut Statistik Utang Luar Negeri Indonesia edisi September 2022, utang luar negeri yang dimiliki Indonesia per bulan Juli mencapai USD400,37 miliar atau sekitar Rp6.070 Triliun (kurs Rp15.171).

Angka tersebut diketahui turun dari bulan sebelumnya yang berada di angka USD403,6 miliar.

Baca juga : Kemampuan Bayar Utang Dipertanyakan

2. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia ke-6. Dia menjabat selama dua periode, tepatnya pada tahun 2004 hingga 2014.

Di era SBY, utang luar negeri Indonesia diperkirakan mencapai angka Rp2.608 triliun. Jika dibandingkan dengan Presiden sebelumnya, jumlah tersebut memang mengalami kenaikan.

Akan tetapi, kala itu Presiden SBY berhasil melunasi sebagian besar pinjaman terhadap IMF. Sekitar tahun 2006, tercatat sisa utang IMF adalah USD3,7 miliar.

3. Presiden Megawati Soekarnoputri

Sebelum SBY berkuasa, Megawati Soekarnoputri lebih dulu menjadi Presiden Indonesia. Putri dari Proklamator Indonesia ini menjadi pemimpin Indonesia pada periode 2001 hingga 2004.

Di era Megawati, rasio utang yang dimiliki Indonesia sempat mengalami penurunan kembali. Tercatat, saat itu Indonesia memiliki utang luar negeri sekitar Rp1.298 triliun dengan PDB Rp2.303 triliun.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)