Survei Indikator: Kejagung Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Masyarakat

Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:14 WIB
loading...
Survei Indikator: Kejagung Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Masyarakat
Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 13-20 September 2022. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung ( Kejagung ) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat. Hal ini merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 13-20 September 2022.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Kejagung berada di tingkat teratas dari tiga lembaga penegak hukum lainnya yaitu Pengadilan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kejagung memimpin dengan tingkat percaya publik sebesar 67% dan tingkat sangat percaya sebesar 8%.

"Jadi kalau kita tanya seberapa percaya masyarakat terhadap empat lembaga ini dalam penegakan hukum itu, yang paling tinggi tingkat trust diberikan publik kepada Kejagung," kata Burhanuddin dalam Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi, Hukum dan Prospek Elektoral Jelang 2024 pada kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (2/10/2022).



Pada peringkat kedua, tingkat kepercayaan publik kepada penegakan hukum diduduki oleh Pengadilan dengan tingkat kepercayaan 64% dan sangat percaya 10%. Lalu disusul dengan KPK dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 65% dan sangat percaya 8% serta Polri dengan tingkat kepercayaan publiki sebesar 54% dan sangat percaya sebesar 9%.

"Jadi ini memang terbaru ya dalam dunia opini publik, biasanya awal-awal dulu KPK berdiri sampai tahun 2019 itu, KPK the most trusted institution dalam bidang penegakan hukum, sekarang KPK agak turun di peringkat KPK," katanya.

"Setelah KPK turun pamornya di mata pubik, polisi waktu itu nomor satu, kita pernah riset tahun 2021, polisi lembaga yang paling dipercaya publik, ternyata sekarang drop di paling bawah," tambahnya.

Baca juga: Kasus Korupsi Impor Baja, Kejagung Periksa Petinggi PT Hanwa Indonesia

Adanya temuan ini, jelas Burhanuddin, mengkonfirmasi bahwa kinerja lembaga selaras dengan kepercayaan publik yang ada. "Public trust itu sama dengan iman kadang naik kadang turun, jadi memang sangat tergantung bagaimana kinerja masing-masing lembaga," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1759 seconds (10.55#12.26)