Mahfud MD Tegaskan Kasus Lukas Enembe Tak Ada Hubungan dengan Politik

Jum'at, 30 September 2022 - 09:58 WIB
loading...
Mahfud MD Tegaskan Kasus Lukas Enembe Tak Ada Hubungan dengan Politik
Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan, tidak ada kausalitas antara intervensi dengan kasus dugaan korupsi yang saat ini menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, tidak ada kausalitas antara intervensi dengan kasus dugaan korupsi yang saat ini menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe.

Hal ini dikatakan Mahfud MD , merespons Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai, ada dua intervensi soal cawagub pendamping Gubernur Papua Lukas Enembe. Karena itu, AHY mengaku masih mencermati kasusnya, dan menimbang apakah murni kasus hukum atau ada muatan politis

"Kasus hukum Lukas Enembe itu tak ada hubungannya dengan politik. Secara hukum pidana, keduanya masalah yang tak ada hubungan kausalitas karena merupakan dua peristiwa yang berbeda," kata Mahfud saat dihubungi wartawan, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: KPK Minta Lukas Enembe Kooperatif

Mahfud memberi contoh, jika ada seorang wartawan sedang meliput peristiwa tsunami lalu ditetapkan sebagai tersangka, bukan berarti penetapan tersangka itu ada hubungannya dengan peristiwa tsunami.

"Sama dengan misalnya, seorang wartawan jadi tersangka, padahal dia sedang menulis berita tentang ombak tsunami. Itu bukan berarti ada hubungan antara penegakan hukum dan wartawan membuat reportase tentang tsunami. Dua-duanya memang fakta tapi tak ada hubungan kausalitasnya," jelasnya.

Menurut Mahfud, pembelaan yang dilakukan AHY terhadap Lukas Enembe justru merupakan langkah bagus sebagai Ketum Partai Demokrat. Terlebih kata Mahfud, AHY juga menghormati proses hukum.

"Dalam hukum pidana itu harus ada hubungan kausalitas atau sebab bersebab. Yang saya dengar dari AHY justru bagus yakni akan menghormati proses hukum dan akan memberi pembelaan kepada LE. Itu sikap suportif AHY," katanya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) mengungkapkan intervensi negara yang pernah dilakukan terhadap Lukas Enembe pada masa lalu.

Karena itu, AHY mengaku masih mencermati kasus yang menimpa Gubernur Papua itu saat ini. AHY menimbang apakah murni kasus hukum atau ada muatan politis setelah berkomunikasi dengan Lukas pada Rabu (28/9/2022) malam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1889 seconds (11.252#12.26)