Survei CSIS Elektabilitas Perindo 5,1 Persen, Ferry Kurnia Ungkap Tiga Faktor Pendukung

Kamis, 29 September 2022 - 10:56 WIB
loading...
Survei CSIS Elektabilitas Perindo 5,1 Persen, Ferry Kurnia Ungkap Tiga Faktor Pendukung
Wakil Ketua Umum Bidang Pemilu, Teritorial, Strategi Pencalegan, Kampanye, dan Saksi, DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Riskiyansyah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berada di angka 5,1 persen. Perolehan Partai Perindo ini melampaui dua partai parlemen, yakni PPP dan PAN.

Merespons hal tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Pemilu, Teritorial, Strategi Pencalegan, Kampanye, dan Saksi, DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Riskiyansyah menilai, ada tiga faktor yang memperngaruhi meningkatnya elektabilitas Perindo dalam tren positif.

Ferry menyebutkan, yang pertama adalah ketokohan pengurus Partai Perindo. Menurut dia, selain ketokohan dari Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, Partai Perindo juga memiliki banyak tokoh nasional, seperti yang baru saja bergabung Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin.

"Yang kedua, juga perlu kita tegaskan adalah soal unsur kelembagaan di parpol itu sendiri, di Partai Perindo itu betul-betul bisa masuk pada ruang-ruang yang sampai dengan tingkat-tingkat ranting, ini menjadi hal yang saya pikir menjadi masif dengan kerja-kerja kolegial yang memang ada," kata Ferry kepada MNC Portal, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Partai Perindo Fokus Kembangkan SDM

Yang ketiga, pria yang akrab dengan panggilan Kang Ferry ini menyebutkan, terkait program kerja politik Partai Perindo yang konsisten terus dijalankan oleh seluruh kader partai. Ia menuturkan, Partai Perindo sudah familiar di mata masyarakat terkait gerakan sosial, yakni gerobak Perindo.

"Saya pikir itu menjadi satu nilai tambah bagi kami di Partai Perindo untuk terus mengupayakan dekat dengan masyarakat," ucap Kang ferry.

Baca juga: Konvensi Rakyat Partai Perindo Digelar, Pengamat: Partai Perindo Punya Modal Kuat Menuju Pemilu 2024

Diberitakan sebelumnya, Berdasarkan survei CSIC yang dilaksanakan pada 8-13 Agustus 2022, Partai Perindo berada di urutan 8 menempel ketat Partai Nasdem yang memperoleh angka elektabilitas yang sama, yakni 5,1%. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih berada di urutan pertama dengan elektabilitas 21,6%.

Disusul Partai Gerindra 18%, Partai Golkar 11,3%, Partai Demokrat 11,3%, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6,9%, PKS 5,8%, Partai Nasdem 5,1%, dan Perindo 5,1%.

Di bawah Partai Perindo ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1,8%, Partai Amanat Nasional (PAN) 1,8%, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0,8%, Partai Garuda 0,7%, Partai Hanura 0,5%, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,3%, Partai Berkarya 0,1%, dan PKPI 0,1%. Sementara responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 1,8% dan Rahasia 7%.

Dari sisi popularitas, Partai Perindo juga sangat baik. Popularitas Perindo mencapai 82,5% atau berada di posisi enam besar. Raihan ini membawa Partai Perindo di atas dari PAN 78,7%; PKS 71,5%; PKB 68,1%; dan PPP 65,2%. Sementara, partai tertinggi yang meraih popularitas yakni Golkar 94%; PDIP 93,5%; Gerindra 92,7%; Demokrat 91,6%; dan NasDem 84,2%.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1123 seconds (10.55#12.26)