Uji Kelayakan Capim KPK Pengganti Lili, 13 Anggota Komisi III DPR Di-BKO Fraksi

Rabu, 28 September 2022 - 15:40 WIB
loading...
Uji Kelayakan Capim KPK Pengganti Lili, 13 Anggota Komisi III DPR Di-BKO Fraksi
Sebanyak 13 anggota Komisi III DPR dari 6 fraksi di-BKO saat uji kelayakan dan kepatutan capim KPK. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR hari ini menggelar fit and proper testatau uji kepatutan dan kelayakan terhadap dua calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) yakni, I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Mereka yang lolos akan menggantikan posisi Lili Pintauli Siregar.

Dalam uji kelayakan ini, sebanyak 13 anggota Komisi III DPR dari 6 fraksi di-BKO (bawah kendali operasi/dirotasi sementara) guna mengawal agenda tersebut. Karena persoalan administrasi BKO ini, rapat sempat tertunda selama 10 menit. Nama yang di-BKO di antaranya ada Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

“Mohon izin nunggu sebentar, ini soal prosedur rapat, ini kan kawan-kawan BKO suratnya masih ada yang belum masuk, ini kan baru ditelepon fraksi. Izin ya,” kata Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) saat memimpin rapat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (27/9/2022).



Kemudian, Bambang Pacul memulai rapat dengan membacakan daftar hadir yang tercatat sebanyak 48 dari 54 anggota Komisi III dan 9 fraksi dari 9 fraksi. Sehingga, kuorum telah terpenuhi dan rapat dibuka dan terbuka untuk umum.

Pacul pun memperkenalkan satu per satu anggota yang ditugasi sementara oleh masing-masing fraksinya. Dari Fraksi PDIP, ada Abidin Fikri yang menggantikan sementara Gilang Dhiela Fararez; dan Sadarestuwati yang belum hadir di ruangan.



Kemudian dari Fraksi Golkar, Salim Fakhry yang untuk sementara menggantikan Rudi Mas'ud; dan Bambang Hermanto yang sementara mengganti Bambang Soesatyo. Lalu dari Fraksi Gerindra ada Bambang Haryadi, yang untuk sementara mengganti Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. “Ngeri juga mister diganti,” imbuh Pacul.

“Berikutnya (fraksi Gerindra) R. Imron Amin, mengganti Romo (Muhammad Syafi’i),” sambung Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP ini.

Bambang melanjutkan, Fraksi Nasdem yang paling banyak mengganti pasukan, di antaranya Fauzi Amro menggantikan Jacki Uly; Charles Meikiansyah mengganti Ahmad Ali; Willy Aditya mengganti sementara Eva Yuliana; dan Berikut Rico Sia mengganti Ary Egahni.

Berikutnya dari Fraksi PKB ada Irmawan dan Dipo Nusantara Pua Upa yang diganti Syaiful Huda. Dan Fraksi Demokrat Marwan Cik Asan yang mengganti Agung Budi Santoso. “Saya kira itu, tugas sudah dibacakan oleh perintah pimpinan-pimpinan fraksi,” tandasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)