Ketua DPW Sumut Bersyukur Elektabilitas Perindo 5,1 Persen: Jangan Lengah!

Rabu, 28 September 2022 - 03:41 WIB
loading...
Ketua DPW Sumut Bersyukur Elektabilitas Perindo 5,1 Persen: Jangan Lengah!
Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan meminta seluruh kader untuk tidak lengah atas naiknya elektabilitas partai. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berada di angka 5,1 persen. Hasil ini menempatkan Perindo melampaui dua partai parlemen, yakni PPP dan PAN.

Ketua DPW Partai Perindo Sumatera Utara, Rudi Zulham Hasibuan sangat mensyukuri dengan perolehan elektabilitas partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini. Ia pun tak menyangka elektabilitas Partai Perindo melewati batas maksimal pada survei yang dilakukan sebelum Pemilu 2019 lalu.

Ia menyebutkan, pada Pemilu sebelumnya, perolehan maksimal elektabilitas Partai Perindo paling tinggi berada di angka 4,7 persen. "(elektabilitas) Partai Perindo berada di 5,1 persen ini tentu berita yang sangat menggembirakan dan surprise juga," kata Rudi dihubungi Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Survei CSIS: Elektabilitas Perindo Tembus 5,1%

Ia menyebutkan, positifnya elektabilitas Perindo dalam beberapa hasil survei juga tak lepas dari keseriusan Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Dengan segala keseriusannya terkait persatuan dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan partai yang menyebabkan beberapa tokoh nasioan seperti Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan Mahyudin bergabung dengan Perindo.

"Sehingga masyarakat juga melihat bahwa Partai Perindo bukan sekadar ikut (Pemilu) tapi memang serius untuk membangun partai menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia apalagi tujuannya untuk mewujudkan Indonesia sejahtera," ujarnya.

Terkait hasil survei, Rudi mengingatkan kepada seluruh kader Perindo untuk tidak berpuas diri dan terlena dengan hasil tersebut. Ia menyebutkan, hasil survei hanya merupakan gambaran perolehan suara pada masa survei dilakukan dan masih fluktuatif. "Hasil survei bukan merupakan sebuah kepastian, ini hanya sebuah gambaran," ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh kader Partai Perindo untuk melanjutkan dan meningkatkan kerja politik yang selama ini telah dilakukan. DPW Perindo Sumut, ia menyebutkan untuk menjaga elektabilitas terus melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi rakyat, bukan hanya sekadar seremonial belaka.



Berdasarkan survei CSIC yang dilaksanakan pada 8-13 Agustus 2022, Partai Perindo berada di urutan 8 menempel ketat Partai Nasdem yang memperoleh angka elektabilitas yang sama, yakni 5,1%. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih berada di urutan pertama dengan elektabilitas 21,6%. Disusul Partai Gerindra 18%, Partai Golkar 11,3%, Partai Demokrat 11,3%, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6,9%, PKS 5,8%, Partai Nasdem 5,1%, dan Perindo 5,1%.

Di bawah Partai Perindo ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1,8%, Partai Amanat Nasional (PAN) 1,8%, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0,8%, Partai Garuda 0,7%, Partai Hanura 0,5%, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,3%, Partai Berkarya 0,1%, dan PKPI 0,1%. Sementara responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 1,8% dan Rahasia 7%.

Dari sisi popularitas, Partai Perindo juga sangat baik. Popularitas Perindo mencapai 82,5% atau berada di posisi enam besar. Raihan ini membawa Partai Perindo di atas dari PAN 78,7%; PKS 71,5%; PKB 68,1%; dan PPP 65,2%. Sementara, partai tertinggi yang meraih popularitas yakni Golkar 94%; PDI Perhuangan 93,5%; Gerindra 92,7%; Demokrat 91,6%; dan NasDem 84,2%.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1976 seconds (11.252#12.26)