11 Brevet Jenderal Moeldoko, dari Komando Kopassus hingga Parachutist Thailand

Selasa, 27 September 2022 - 19:26 WIB
loading...
11 Brevet Jenderal Moeldoko, dari Komando Kopassus hingga Parachutist Thailand
Jendral Moeldoko, perwira tinggi TNI Angkatan Darat dengan pemilik brevet dan wings. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Jendral Moeldoko, perwira tinggi TNI Angkatan Darat dengan pemilik brevet dan wings yang menghiasi seragam kebesarannya. Brevet yang dimiliki oleh Jenderal Moeldoko ini telah merepresentasikan kemahiran, kehormatan, pengabdian, serta tanggung jawab dalam menjalankan tugas yang sempat diemban dan dijalankan.

Mantan Jenderal TNI yang kini menjadi Kepala Staf Kepresidenan Indonesia itu memang dikenal memiliki beberapa prestasi yang gemilang.

Baca juga : Langka! Cuma 5 Jenderal TNI yang Punya Brevet Kopassus dan Denjaka

Berikut 11 brevet Jenderal Moeldoko :

1. Brevet Komando Kopassus

Brevet ini diberikan kepada prajurit TNI yang telah lulus pendidikan komando Kopassus selama tujuh bulan nonstop. Meliputi pendidikan dasar, pelatihan di hutan dan gunung serta rawa dan laut.

2. Brevet Free Fall

Jenderal Moeldoko mendapat brevet ini setelah menyelesaikan pendidikan terjun bebas yang meliputi pengetahuan alat dan kelengkapan freefall, teknik melipat payung, teknik keluar pesawat, teknik melayang, teknik kemudi/mendarat dan aplikasi penerjunan dengan teknik HAHO/HALO.

3. Brevet Jump Master

Brevet ini diperoleh bagi prajurit yang telah menguasai teknik pelipatan parasut, teknik spotting, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudi, teknik pattern, dan teknik pendaratan serta emergency procedure.

4. Brevet Taipur

Brevet Intai Tempur ini didapat setelah melalui pembinaan satuan yang berada di Yon Satria Sandi Yudha dan dalam pengoperasian di bawah kendali Panglima Kostrad.

5. Wing Penerbad

Wing ini didapatkan setelah menyelesaikan pelatihan di Pusat Penerbangan Angkatan Darat. Selain itu penyematan ini juga merupakan bentuk tanda kehormatan dari Angakatan Darat.

Baca juga : 4 Jenderal TNI yang Memiliki Brevet Kopassus, dari Moeldoko hingga Andika Perkasa

6. Wing Penerbang TNI AU

Dilansir dari tni-au.mil.id, Pemberian Wing tersebut merupakan bentuk penghargaan atas jasa-jasanya serta kerja sama dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa.

7. Brevet Hiu Kencana

Brevet ini diberikan kepada orang-orang terpilih untuk diangkat sebagai Warga Kehormatan Kapal Selam. Dimana setiap orang yang mengenakan brevet ini berarti telah berjasa mendukung pembinaan kapal selam telah menjadi tradisi warga kapal selam.

8. Brevet Tri Media Taifib

Brevet yang didapat dari pasukan khusus TNI AL ini disematkan setelah diangkat sebagai warga kehormatan ke-31 Korps Marinir TNI Angkatan Laut pada tahun 2013 lalu.

9. Brevet Komando Paskhas

Jenderal Moeldoko mendapat brevet ini setelah melakukan serangkaian latihan khusus bersama Komando Pasukan Gerak Cepat yang merupakan pasukan milik TNI AU.

10. Brevet Denjaka (Anti Teror)

Brevet ini diterima oleh Jenderal Moeldoko setelah diangkat sebagai warga kehormatan ke-31 Korps Marinir TNI Angkatan Laut pada tahun 2013 lalu. Disinilah dia mendapat Brevet Kehormatan Anti Teror Aspek Laut Detasemen Jala Mangkara (Denjaka).

11. Brevet Parachutist Thailand

Brevet ini diberikan kepada tentara yang telah menerima pelatihan parasut dan menyelesaikan jumlah lompatan yang diperlukan di Thailand.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)