Langka! Cuma 5 Jenderal TNI yang Punya Brevet Kopassus dan Denjaka

Selasa, 12 Juli 2022 - 05:47 WIB
loading...
Langka! Cuma 5 Jenderal TNI yang Punya Brevet Kopassus dan Denjaka
Lima Jenderal TNI pemilik brevet Kopassus TNI AD dan brevet Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) TNI AL. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tidak banyak Jenderal TNI yang memiliki dua brevet pasukan elite sekaligus yakni, brevet Komando Pasukan Khusus ( Kopassus ) TNI AD dan brevet Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) TNI AL.

Tidak mudah bagi seseorang mendapatkan brevet pasukan elite. Sebab, untuk bisa mendapatkan brevet tersebut yang bersangkutan harus mengikuti semua tahapan. Hal inilah yang membuat tidak semua perwira tinggi (Pati) TNI bisa mendapatkan brevet.



Dari tiga matra TNI yakni, Angkatan Darat (AD), Angkatan Lautu (AL), dan Angkatan Udara (AU), tercatat hanya lima perwira tinggi (Pati) TNI yang mempunyai kedua brevet tersebut. Mereka adalah:

1. Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto

Mantan Panglima TNI di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merupakan salah satu perwira tinggi (Pati) TNI AD yang memiliki dua brevet pasukan elite tersebut.

Lulusan AKABRI sekarang bernama Akmil 1971 ini merupakan tokoh militer yang segani. Berbagai jabatan strategis pernah diemban pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah pada 29 April 1947 ini di antaranya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-22, Wakil KSAD, Dansesko TNI dan sebagainya.



Selain brevet komando dari Kopassus dan Denjaka, Endriartono Sutarto juga memiliki brevet lainnya yang tidak kalah hebatnya yakni, brevet kualifikasi Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir, kemudian Pathfinder Badge US Army, Master Parachutist Badge US Army, Wing Penerbang AU.

2. Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)