4 Jenderal TNI yang Memiliki Brevet Kopassus, dari Moeldoko hingga Andika Perkasa

Jum'at, 16 September 2022 - 11:57 WIB
loading...
4 Jenderal TNI yang Memiliki Brevet Kopassus, dari Moeldoko hingga Andika Perkasa
Sedikitnya ada empat Jenderal TNI yang memiliki brevet Kopassus. Salah satunya Jenderal Andika Perkasa. Foto DOK RCTIplus
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat Jenderal TNI yang memiliki brevet Kopassus . Untuk diketahui, sejatinya tidak semua orang bisa dengan mudah mendapat brevet pasukan elit seperti brevet Kopassus.

Adapun untuk mendapatkannya, orang yang bersangkutan harus menyelesaikan berbagai tahapan yang telah ditentukan sebagai syarat. Berikut empat Jenderal TNI yang diketahui memiliki brevet Kopassus.

Baca juga : Langka! Cuma 5 Jenderal TNI yang Punya Brevet Kopassus dan Denjaka

1. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Moeldoko merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat dan saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Kediri, 8 Juli 1957 diketahui sebagai peraih penghargaan Adhi Makayasa setelah menjadi lulusan terbaik Akmil 1981.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Moeldoko menjadi salah satu Jenderal TNI yang memiliki brevet satuan elite TNI AD, yaitu Kopassus dan Denjaka. Dalam kariernya di kemiliteran, Moeldoko pernah mengemban berbagai jabatan strategis.

Dia pernah menjadi Pangdiv Kostrad 1, Pangdam XII/Tanjungpura, hingga Pangdam III/Siliwangi. Selain itu, pria kelahiran Jawa Timur ini juga pernah menjabat sebagai Panglima TNI, yakni pada periode Agustus 2013 hingga Juli 2015.

2. Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto

Beralih ke TNI Angkatan Udara (AU), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto juga memiliki brevet Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dalam riwayatnya, pria kelahiran 8 November 1963 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1986 dari satuan Korps Penerbang Angkut.

Dikutip dari pemberitaan MPI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto juga pernah memegang berbagai jabatan penting, termasuk menjadi Panglima TNI. Tepatnya pada periode 2017 hingga 2021. Kala itu, dia menggantikan Gatot Nurmantyo.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1710 seconds (11.97#12.26)