Lewat Penguasaan Iptek, Indonesia Bisa Jadi Pemimpin di Tingkat Dunia

Selasa, 27 September 2022 - 18:13 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan geopolitik penting karena mengajarkan ilmu kepemimpinan Indonesia bagi bangsa lain di dunia. Hasto menyebutkan peran Bung Karno mendorong kemerdekaan sejumlah negara.

"Kalau saya bicara geopolitik Bung Karno, pada dasarnya kepemimpinan Indonesia. Kalau dalam dunia militer kita melakukan force projection, suatu unjuk kekuatan kita di luar batas wilayah negeri," sebutnya.

"Hari ini saya sangat beruntung, bertemu dengan para kepala sekolah yang diharapkan mampu menggelorakan pada anak didiknya semangat untuk melakukan penelitian dan dengan itu Indonesia menjadi pemimpin diantara bangsa-bangsa dunia sesuai dengan teori geopolitik Soekarno," sebut Hasto.

Hasto didampingi Ketua Dewan Pembina Ermaya Suradinata dan Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP Putra Nababan saat menyampaikan paparannya.

Anggota DPR RI Putra Nababan menilai kuliah umum yang disampaikan Hasto Kristiyanto kepada kepala sekolah SMA dan SMK memberikan perspektif pemikiran geopolitik Bung Karno dan Indonesia yang berkontribusi signifikan terhadap dunia, yang dampaknya masih terasa sampai sekarang.

“Para kepala sekolah ini memang harus dibangun terus pemahamannya, rasa kebanggaannya atas geopolitik Bung Karno yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dengan terus menerapkan nilai-nilai Pancasila di berbagai belahan dunia,” kata Putra yang merupakan anggota Komisi X di Bidang Pendidikan.

Apa yang disampaikan Hasto Kristiyanto, tambah Putra, sangat relevan juga untuk generasi muda di kampus revolusi mental dan fokus pada pembentukan karakter bangsa ini. “Di kampus ini, anak-anak gen Z tidak hanya belajar kurikulum umum, tapi juga mendidik muridnya untuk memiliki kepribadian dan karakter yang merupakan elemen terpenting dalam sosok seorang pemimpin,” ujar Putra
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2891 seconds (0.1#10.140)