Diresmikan Jokowi, BUMN Startup Day Gagasan Erick Thohir Resmi Berjalan

Senin, 26 September 2022 - 14:25 WIB
loading...
Diresmikan Jokowi, BUMN Startup Day Gagasan Erick Thohir Resmi Berjalan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ajang BUMN Startup Day 2022 gagasan Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ajang BUMN Startup Day 2022 gagasan Menteri BUMN Erick Thohir . Event yang berlangsung dari tanggal 26-28 September tersebut merupakan bentuk komitmen Erick Thohir dalam memajukan ekonomi digital Indonesia dengan menghadirkan ruang kolaborasi antara BUMN dan startup-startup di Tanah Air.

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengatakan digitalisasi adalah salah satu kunci utama untuk mendongkrak ekonomi Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang memproyeksikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara pada tahun 2030. Baca juga: Banyak Startup Gagal dan Gulung Tikar, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

“Untuk menggapai cita-cita itu, kuncinya digitalisasi. Karena itu, saya mendorong Kementerian BUMN dan seluruh perusahaan BUMN untuk membangun ekosistem digital yang terintegrasi,” ujar Erick Thohir, Senin (26/9/2022).

Erick Thohir menjelaskan jika event BUMN Startup Day ini bukan kali pertama lembaganya mewadahi startup-startup untuk mengembangkan idenya. Sebelumnya, ada kegiatan serupa seperti Ajang Indonesia Digital Tribe.

“Hari ini ada BUMN Startup Day untuk scaling up startup. Memastikan para startup bukan hanya mendapat pendanaan tapi juga pendampingan,” terang Erick.

Eks Presiden Inter Milan itu optimistis kolaborasi antara BUMN dan startup dalam negeri akan membuka akselerasi ekosistem digital di Tanah Air. Sehingga, lanjutnya, cita-cita ekonomi digital Indonesia sebagai yang terbesar di Asean dapat terealisasi.

“Insya Allah sinergi yang dilakukan BUMN dengan startup bisa menjadi batu loncatan untuk Indonesia menggapai cita-cita 2030 nanti,” pungkasnya. Baca juga: Erick Thohir: Transformasi BUMN Tidak Bisa Lepas dari Fungsi Hukum BUMN

BUMN Startup Day 2022 sendiri diikuti oleh 250 startup yang telah disesuaikan dengan 12 klaster di Kementerian BUMN, 150 exhibitor, dan 22 perusahaan pelat merah. Dalam event kali ini, terdapat lima poin utama yakni bussiness matching, investor pitching, rapid mentoring startup, conference, dan exhibition.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1630 seconds (10.55#12.26)