Wapres Ma'ruf Amin Buka Muktamar XVI Persatuan Islam

Sabtu, 24 September 2022 - 13:38 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Buka Muktamar XVI Persatuan Islam
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin membuka Muktamar XVI Persatuan Islam (Persis), Sabtu (24/9/2022). Tangkapan layar Persis TV
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin membuka Muktamar XVI Persatuan Islam (Persis) . Wapres yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Persismenjadi mitra strategis pemerintah dalam merawat demokrasi dan membangun negeri.

"Saya menyampaikan salam hangat dari Bapak Presiden Joko Widodo yang meminta saya untuk mewakili beliau untuk membuka Muktamar ini," kata Wapres saat memberikan sambutannya secara virtual, Sabtu (24/9/2022).

Pada kesempatan itu, Wapres meminta agar Persis sebagai salah satu organisasi Islam yang berakar kuat, tidak saja menjembatani aspirasi masyarakat secara konstruktif, tetapi menjadi mitra strategis pemerintah dalam merawat demokrasi dan membangun negeri.

Kata Wapres, jejak demokrasi di Indonesia telah melalui histori yang panjang dan menjadi kian nyata dengan diakuinya kebebasan berpendapat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Organisasi masyarakat sejatinya adalah merupakan jembatan aspirasi masyarakat sekaligus penjaga pilar demokrasi negeri ini," katanya.

Baca juga: Jelang Muktamar XVI Persatuan Islam, Hima Persis Gelar FGD

Wapres mengatakan, pemerintah menyadari organisasi masyarakat Islam dalam membangun bangsa ini juga sangat besar baik melalui dakwah dan pendidikan, kegiatan sosial dan ekonomi kerakyatan, maupun pembangunan akhlak generasi muda menghadapi derasnya arus modernisasi dunia.

Oleh karena itu, kata Wapres, pemerintah terus menggalakkan islam wasathiyah di Indonesia sebagai upaya membangun kerukunan antar umat di dalam kemajemukan. "Upaya ini tentunya membutuhkan peranan ormas Islam secara optimal untuk terus menguatkan Islam wasathiyah tersebut di kalangan umat Islam."

Wapres pun berharap agar Muktamar ini menjadi forum konsolidasi yang strategis untuk menentukan gerak dan langkah organisasi Persis ke depan sekaligus menghasilkan berbagai kesepakatan dan rekomendasi yang berkualitas sebagai tawaran solusi untuk kemaslahatan umat, bangsa dan negara.
"Ketua Umum yang nantinya akan terpilih diharapkan mampu mengantarkan Persis semakin maju dengan program-program strategisnya lima tahun kedepan," katanya.

"Akhirnya dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, Muktamar ke-16 Persatuan Islam dan Muktamar ke-13 Persatuan Islam Istri (Persistri) saya nyatakan dibuka," tutup Wapres.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1847 seconds (11.210#12.26)