Ini 5 Jenderal Polisi yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Jum'at, 23 September 2022 - 12:49 WIB
loading...
Ini 5 Jenderal Polisi yang Dimakamkan di TMP Kalibata
Jenderal Polisi, dalam riwayatnya cukup banyak yang dimakamkan di TMP Kalibata. Salah satunya Jenderal Polisi Dibyo Widodo. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Jenderal Polisi , dalam riwayatnya cukup banyak yang dimakamkan di TMP Kalibata. Taman Makam Pahlawan Kalibata atau biasa dikenal TMP Kalibata merupakan sebuah kawasan pekuburan yang berada di wilayah Kalibata , Jakarta Selatan.

Selain itu, TMP Kalibata juga diketahui telah menjadi Taman Makam Pahlawan Nasional. Penetapan tersebut tertuang pada Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 1976, pasal 4 Ayat (1) UUD 1945.

Baca juga : Presiden Jokowi Beri Penghormatan Tertinggi Bagi 10.000 Pahlawan di TMP Kalibata

Sesuai namanya, Taman Makam Pahlawan Kalibata sering digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi tokoh ataupun orang yang telah banyak berjuang demi Indonesia, termasuk beberapa diantaranya adalah Jenderal Polisi.

Berikut lima Jenderal Polisi yang dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta :

1. Jenderal Polisi (Purn) Dibyo Widodo

Dalam riwayatnya, Jenderal Polisi Dibyo Widodo pernah menjabat sebagai Kapolri pada periode 1996-1998. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, pria kelahiran Purwokerto, 26 Mei 1946 ini pernah mengenyam pendidikan di Akpol (lulus 1968), Bakaloreat PTIK (1972), Doktoral PTIK (1975), Sesko ABRI Bagpol (1981), dan Lemhanas (1993).

Pada jenjang kariernya di kepolisian, Dibyo Widodo pernah menjabat sebagai Irpolda Sumut, Wakapolda Nusa Tenggara, Wakapolda Metro Jaya, serta Kapolda Metro Jaya sebelum akhirnya menjadi Kapolri.

Di akhir hayatnya, Jenderal Polisi Dibyo Widodo meninggal dunia pada 15 Maret 2012 di Rumah Sakit Gleneagles Singapura. Untuk pemakamannya dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

2. Jenderal Polisi (Purn) Awaloedin Djamin

Sama halnya dengan Dibyo Widodo, Jenderal Polisi (Purn) Awaloedin Djamin juga pernah menempati posisi Kapolri, tepatnya pada periode 1978 hingga 1982. Dikutip dari pemberitaan MPI, Awaloedin Djamin tutup usia pada 31 Januari 2019.

Pria berdarah Minangkabau ini mengembuskan nafas terakhirnya saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Dalam proses pemakamannya, Jenderal Polisi Awaloedin Djamin dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

3. Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Moehammad Jasin

Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Moehammad Jasin dikenal sebagai Bapak Brimob Polri. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 9 Juni 1920 ini pernah meniti ilmu di MULO sebelum akhirnya mengikuti pendidikan kepolisian di Sekolah Polisi yang berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Moehammad Jasin memiliki banyak sekali sumbangsih dan perjuangan bagi bangsa Indonesia. Di akhir hayatnya, M Jasin meninggal dunia pada 3 Mei 2012 di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta. Jenazahnya dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta.

4. Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo

Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo diketahui sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Ketujuh. Dia menempati jabatan tersebut pada periode 1974 hingga 1978.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Widodo menamatkan pendidikan di PTIK pada tahun 1955. Setelah lulus, dia bertugas sebagai Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polisi di Purwakarta.

Di akhir hayatnya, Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo meninggal dunia pada 5 Mei 2017 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Untuk pemakamannya, Widodo dikebumikan di TMP Kalibata.

5. Jenderal Polisi (Purn) Anton Soedjarwo

Dalam riwayatnya, Anton Soedjarwo pernah menjabat sebagai Kapolri pada periode 1982 hingga 1986. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Jenderal Polisi ini merupakan jebolan Sekolah Ranger Amerika Serikat tahun 1960. Dia pernah memimpin pasukan Pelopor yang tergabung dalam RTP I tahun 1962 dalam Operasi Trikora.

Di akhir hayatnya, Jenderal Polisi (Purn) Anton Soedjarwo meninggal dunia pada 18 April 1988 dalam usia 57 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)