Jadi Mitra Strategis BNPT, LPOI Diharapkan Bisa Mengglorifikasi Narasi Perdamaian

Jum'at, 16 September 2022 - 21:06 WIB
loading...
Jadi Mitra Strategis BNPT, LPOI Diharapkan Bisa Mengglorifikasi Narasi Perdamaian
Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid menghadiri Mukernas LPOI di Jakarta. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Keberadaan Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) dinilai cukup penting dan menjadi mitra strategis bagi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ). Karena terorisme adalah musuh agama dan musuh negara. Terutama terorisme yang dilatar belakangi radikalisme dalam konteks ini adalah radikalisme yang mengatasnamakan agama.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid dalam sambutannya pada acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) LPOI dengan mengambil tema “Memperkuat Persahabatan untuk Memperkokoh NKRI” yang berlangsung di Hotel Santika Premier, Jakarta, Kamis 15 September 2022.

“Harapan saya LPOI ini akan menjadi mitra strategis dan insyaallah abadi. Kenapa? Karena LPOI ini kalau di dalam konteks kebijakan BNPT masuk dalam kebijakan pentahelix, yaitu dalam penanggulangan radikal terorisme harus melibatkan multipihak, seluruh elemen masyarakat bangsa dan negara,” ujar Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid, Jumat (16/9/2022).



Dijelaskannya, dalam menerapkan kebijakan pentahelix ini pihak yang pertama tentunya adalah pemerintah yaitu Kementerian lembaga maupun Pemda. Lalu pihak kedua adalah akademisi, ketiga adalah pelaku usaha, keempat adalah media, dan yang kelima adalah masyarakat.atau ormas seperti LPOI ini.

“Karena masyarakat sebagai salah satu pilar yang kami utamakan adalah ormas-ormas keagamaan dalam konteks ini adalah LPOI. Dan di dalam gugus tugas pemuka agama juga ada Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK). Tentunya ini yang kami sinergis kan untuk itu,” ujar alumni Akpol 1989 ini.



Oleh karena itu dirinya menyampaikan LPOI ini sangat berperan penting di dalam mengglorifikasikan narasi-narasi cinta terhadap bangsa dan Tanah Air, perdamaian, persatuan, serta narasi mengenai pentingnya bagi masyarakat untuk mencintai sekaligus menghormati segala perbedaan yang ada di negeri ini demi menjaga keutuhan NKRI.

Oleh sebab itu mantan Kabagbanops Detasemen Khusus (Densus) 88/ Antiteror Polri berharap agar para ketua umum masing-masing ormas dan juga para tokoh agama yang tergabung di dalam LPOI ini bersedia memberikan masukan ataupun nasihat kepada BNPT dan Densus 88/AT Polri terkait dengan pencegahan dan pemberantasan terorisme.

"Diharapkan para tokoh agama, terutama di LPOI, bersedia memberi masukan, nasihat, atau wejangan kepada BNPT. Di mana BNPT ini adalah hulunya untuk melakukan pencegahannya. Sedangkan Densus adalah eksekutor di dalam law enforcement atau penegakan hukum di bidang tindak pidana terorisme,” ucap mantan Kapolres Gianyar ini..
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)