5 Perbedaan Kopassus dan Kostrad, Satuan Elite Kebanggaan TNI AD yang Disegani

Selasa, 13 September 2022 - 19:00 WIB
loading...
5 Perbedaan Kopassus dan Kostrad, Satuan Elite Kebanggaan TNI AD yang Disegani
Perbedaaan Kopassus dan Kostrad rupanya masih banyak yang belum mengetahui. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Perbedaaan Kopassus dan Kostrad rupanya masih banyak yang belum mengetahui. Kopassus sendiri merupakan akronim dari Komando Pasukan Khusus, sedangkan Kostrad adalah singkatan dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Keduanya merupakan sama-sama satuan elite yang berada di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Dalam riwayatnya, antara Kopassus maupun Kostrad memiliki sepak terjang yang cukup cemerlang dengan berbagai misi suksesnya.

Baca juga : Pusdiklatpassus Kopassus Bentuk Sekolah Pertempuran Khusus

Berstatus sebagai satuan elite, keduanya memiliki beberapa mendasar, baik dari segi karakteristik pasukannya, tugas dan fungsinya, hingga ciri khas lain yang melekat di antara Kopassus dan Kostrad.

Melansir dari MPI, berikut lima perbedaan Kopassus dan Kostrad yang menjadi satuan elite kebanggaan TNI AD :

1. Pimpinan

Meski sama-sama berada di bawah komando Panglima TNI, namun keduanya memiliki pemimpin satuan dengan pangkat yang berbeda. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dipimpin seorang Jenderal bintang dua (Mayjen), sedangkan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dipimpin seorang Jenderal bintang tiga (Letjen).

2. Tugas dan Fungsi

Beralih ke tugas dan fungsinya, antara Korps Baret Merah dan Kostrad juga memiliki sedikit perbedaan. Singkatnya, kedua satuan ini memiliki tugas dan fungsi utama yang terdiri dari Operasi Militer Perang (OMP) serta Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dalam OMP, fungsi Kopassus diantaranya adalah melancarkan serangan langsung dengan tujuan menghancurkan logistik musuh, Operasi Intelijen Khusus, Antiteror, hingga Combat SAR.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2868 seconds (0.1#10.140)