KIB Perlu Antisipasi Potensi Dampak Gejolak Kisruh PPP

Selasa, 13 September 2022 - 06:36 WIB
loading...
KIB Perlu Antisipasi Potensi Dampak Gejolak Kisruh PPP
Kisruh internal PPP dinilai tetap berpotensi mempengaruhi soliditas Koalisi Indonesia Bersatu. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengesahkan Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum PPP menggantikan Suharso Monoarfa. Meski demikian, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap perlu mengantisipasi potensi gejolak di internal partai berlambang kakbah tersebut.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) A Khoirul Umam. Meyakini polemik di tubuh PPP akan berdampak pada kesolidan KIB. Karenanya, ia menyarankan Partai Golkar dan PAN untuk mewaspadai dampak dari pergantian pucuk pimpinan di PPP tersebut.

Umam menduga ada indikasi kontrol kekuasaan politik dalam pergantian tersebut. Indikasi itu terlihat dari cepatnya SK Kemenkumham diterbitkan, yaitu hanya 5 hari.



"Dengan demikian, polemik 'amplop Kiai' bukanlah trigger utama, melainkan hanya momentum percepatan yang tepat untuk mendepak Suharso dari posisi Ketum PPP. Situasi ini menjadi peringatan serius bagi rapuhnya soliditas KIB. Prediksi KIB akan layu sebelum berkembang seolah akhirnya terkonfirmasi," kata Umam kepada wartawan dikutip Selasa (13/9/2022).

"Bahkan, sejumlah informasi spekulatif mengabarkan bahwa operasi politik pendongkelan pimpinan partai KIB yang lain, belakangan ini juga kian menyeruak. Salah satu partai yang patut mengantisipasi ini adalah Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto," sambungnya.

Analisis Umam itu diperkuat dengan fakta bahwa Suharso Monoarfa dan Mardiono sama-sama berada di dalam struktur pemerintahan. Suharso adalah Menteri Bappenas sedangkan Mardiono menjadi anggota Wantimpres.

Ia menduga, kemungkinan adanya kekuatan politik yang tampaknya terhalang oleh keputusan politik Suharso yang memilih bergabung dengan KIB.

"Besar kemungkinan hal ini terkait dengan keputusan PPP ikut membentuk sekoci politik bernama KIB yang dikabarkan dipersiapkan untuk nama tokoh potensial yang tidak direstui partai asalnya," jelas Umam.

Menurut Umam, meski Mardiono disebut sebagai juru runding utama PPP pada KIB, hal itu tidak menjamin sepenuhnya ketetapan pilihan politik PPP. Kepemimpinan baru PPP diprediksi akan menempuh jalan yang bisa jadi berbeda dengan saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3304 seconds (0.1#10.140)