Pemerintah-DPR Putuskan Sorong Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya

Senin, 12 September 2022 - 18:55 WIB
loading...
Pemerintah-DPR Putuskan Sorong Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya
Pemerintah dan DPR memutuskan Kota Sorong menjadi Ibu Kota Provinsi dari Papua Barat Daya. Keputusan ini diambil dalam dalam Raker DPR bersama Pemerintah. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah dan DPR telah memutuskan Kota Sorong menjadi Ibu Kota Provinsi dari Papua Barat Daya . Keputusan ini diambil dalam dalam rapat kerja (Raker) DPR bersama Pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR, Syamsurizal dalam laporan Panja Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya .

"Pada tanggal 12 September 2022, Panja RUU pembentukan Provinsi Papua Barat Daya memutuskan; Satu, nama calon ibu kota Provinsi Papua Barat Daya berkedudukan di Kota Sorong," kata Syamsurizal.

Baca juga: Warga Papua Demo Desak Presiden Percepat Pemekaran Provinsi Papua Barat Daya

Adapun kata dia, terdapat 6 wilayah yang masuk ke dalam cakupan Provinsi Papua Barat Daya. Wilayah tersebut di antaranya; Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrau, Kabupaten Maybrat dan Kota Sorong.

Legislator PPP itu menyampaikan, sebelumnya Panja pemerintah dan DPR juga telah membahas sebanyak 154 daftar inventarisir masalah (DIM) yang dikirimkan pemerintah.

"Pada tanggal 12 September 2022, Panja telah melakukan finalisasi hasil pembahasan terhadap RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya dan telah menghasilkan draf final RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya untuk dilaporkan ke rapat kerja tingkat I," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)