Pekan Depan Komnas HAM Sampaikan Rekomendasi Kematian Brigadir J ke Presiden dan DPR

Sabtu, 10 September 2022 - 15:30 WIB
loading...
Pekan Depan Komnas HAM Sampaikan Rekomendasi Kematian Brigadir J ke Presiden dan DPR
Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komnas HAM akan memberikan hasil rekomendasi kasus kematian Brigadir J ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga ke DPR pekan depan. Nantinya, hasil rekomendasi tersebut akan dijadikan acuan pemerintah menangani kasus pelanggaran HAM.

"Kita akan berikan pada minggu depan kalau tidak ada halangan," ujar Komisioner Komnas HAM , Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).

Baca juga: Komnas HAM Sebut Brigadir J Tewas di Jakarta, Bukan dalam Perjalanan Magelang-Jakarta

Pihaknya hingga saat ini akan mencari jadwal yang tepat untuk memberikan hasil rekomendasi tersebut kepada pemerintah, dalam hal ini Presiden dan DPR.

"Masih dikomunikasikan tempat dan waktu detailnya, secepatnya akan kita informasikan," jelasnya.

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Brigadir J Masih Hidup saat di Rumah Dinas Ferdy Sambo

Sebelumnya, Komnas HAM telah memberikan rekomendasi hasil penyelidikan kasus Brigadir J ke Polri pada Kamis (1/9/2022). Isi rekomendasi tersebut salah satunya terkait adanya pelanggaran obstruction of justice.

Sedangkan isi rekomendasi kepada Presiden dan DPR salah satunya terkait reformasi kelembagaan Polri. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, perubahan kebijakan itu hanya dapat dibuat oleh Presiden dan anggota dewan.

"Ke Presiden dan DPR RI kami akan rekomendasikan soal reformasi kelembagaan," kata Taufan kepada wartawan, Senin (5/9/2022).
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1741 seconds (11.97#12.26)