Ali Masykur Musa Dorong Kampus Lahirkan Mahasiswa Antikorupsi

Jum'at, 09 September 2022 - 21:01 WIB
loading...
Ali Masykur Musa Dorong Kampus Lahirkan Mahasiswa Antikorupsi
Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa mengatakan, mahasiswa perlu disiapkan secara matang agar benar-benar siap melanjutkan estafet generasi yang bersih dari korupsi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa mengatakan, merupakan tempat untuk menempa mahasiswa agar menjadi generasi idealis. Mahasiswa perlu disiapkan secara matang agar benar-benar siap melanjutkan estafet generasi yang bersih dari korupsi .

"Mahasiswa adalah agent of social change dan akan menjadi pemimpin di kemudian hari. Oleh sebab itu, mahasiswa sejak dini harus diajarkan bagaimana sikap antikorupsi itu menjadi core value yang penting," kata Ali Masykur Musa dalam Kuliah Iftitah yang digelar oleh UIN Raden Fatah Palembang, Jumat (9/9/2022). Kuliah umum bertema Peran Mahasiswa dalam Membangun Negeri Antikorupsi Menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat dihadiri Wakil Rektor UIN Raden Fatah Palembang Muhammad Adil, beberapa Dekan, dan sivitas akademika lainnya.

Menurut Ali Masykur Musa, dengan memiliki nilai-nilai antikorupsi, diharapkan mahasiswa ketika nanti menjadi pemimpin negara tidak bersinggungan dengan korupsi.



"Menyemai mahasiswa antikorupsi akan mempercepat bangsa Indonesia akan lebih cepat sejahtera," kata Komisaris Utama PT Pelni (Persero) ini.

Ali mengapresiasi UIN Raden Fatah Palembang yang menggelar kuliah umum tentang antikorupsi untuk mahasiswa barunya. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting karena Indonesia hari ini masih memiliki indeks antikorupsi yang belum baik di antara negara yang lain.

"Oleh Karena itu para mahasiswa harus dikenalkan sejak dini untuk membuat kegiatan pendidikan yang menanamankan nilai-nilai antikorupsi," katanya.

Ali Masykur Musa menilai sikap antikorupsi di Indonesia juga belum menunjukkan daya tangkal (deterence) yang kuat, sehingga korupsi menjadi perilaku yang mudah dimaafkan. Padahal korupsi adalah tindak pidana ordinary crime yang menghancurkan sendi-sendi ekonomi Indonesia.

"Karena itu harus selalu diberikan warning kepada para pengelola keuangan negara agar tidak melakukan korupsi," katanya
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1973 seconds (11.252#12.26)