4 Jenderal Polisi Termuda Sepanjang Sejarah Polri, Nomor Terakhir Kalahkan Tito Karnavian

Jum'at, 09 September 2022 - 18:09 WIB
loading...
4 Jenderal Polisi Termuda Sepanjang Sejarah Polri, Nomor Terakhir Kalahkan Tito Karnavian
Jenderal polisi merupakan jajaran tertinggi dalam susunan pangkat di Polri yang termasuk dalam golongan perwira. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal polisi merupakan jajaran tertinggi dalam susunan pangkat di Polri yang termasuk dalam golongan perwira . Dilansir dari Humas Polri, Golongan perwira ini mulai dari Brigjen, Irjen, Komjen hingga yang paling tinggi Jenderal Polisi.

Pangkat ini juga berpengaruh terhadap jabatan yang diemban nantinya, semakin tinggi pangkat akan semakin tinggi pula jabatan. Contohnya saja seperti hanya seorang Jenderal Polisi yang akan menjadi Kapolri .

Baca juga : Penjelasan Singkat Pangkat Polisi, Dari Bharada hingga Jenderal

Menyandang pangkat jenderal di Polri tandanya seorang anggota polisi telah mencapai titik tertinggi dalam perjalanan karirnya.

Terlebih bila pangkat jenderal polisi ini disandang di kala usia yang terbilang muda. Karena sebuah pangkat akan didapatkan bila memiliki berbagai prestasi yang menopangnya.

Berikut ini empat Jenderal Polisi termuda sepanjang sejarah Polri :

1. Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan

Purnawirawan polisi kelahiran 11 Desember 1959 ini sempat tercatat sebagai Jenderal termuda di Polri. Ketika itu dia mendapatkan pangkat Brigadir Jenderal ketika Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Mabes Polri.

Kala itu Budi masih berusia 45 tahun. Dia juga merupakan lulusan Akpol tahun 1983. Ketika masih aktif dalam bertugas dia pernah menjadi Ajudan Megawati Soekarno Putri yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden.

Sebelum pensiun dia sempat dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah Jenderal ini batal menjadi Kapolri di tahun 2016.

2. Irjen Ferdy Sambo

Sebelum terkenal sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Ferdy Sambo memiliki karir yang mentereng di kepolisian.

Salah satu pencapaian jebolan Akpol 1994 ini ialah menyandang pangkat jenderal polisi bintang dua di usianya yang masih 48 tahun.

Pangkat Irjen ini disandangnya ketika dia dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai Kadiv Propam Polri di tahun 2020 lalu.

Baca juga : Inilah 7 Jenderal Polisi Bintang 3 di Tubuh Polri

3. Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian

Mantan Kapolri satu ini juga pernah mencatatkan dirinya sebagai penerima pangkat jenderal bintang tiga termuda. Dia bahkan bisa menyusul jenderal bintang tiga lain yang usianya bertahun tahun di atasnya.

Pada usianya yang baru menginjak 51 tahun kala itu, Tito Karnavian mendapat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri.

Jebolan Akpol 1987 ini sempat mengemban jabatan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebelum menjadi Kapolri pada masa jabatan 2016-2019.

4. Jenderal Polisi Listyo Sigit

Kapolri saat ini, Jenderal Listyo Sigit selain menjadi Kapolri termuda juga menjadi Jenderal Polisi termuda dalam sejarah Polri.

Sebelum menjabat menjadi Kapolri pada 2021 lalu, dia sempat menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ketika masih berpangkat Komjen.

Bahkan dia sempat memecahkan rekor Tito Karnavian sebagai Kapolri termuda dengan jarak usia hanya terpaut satu bulan saja. Dimana tito menjabat saat itu berusia 51 tahun 9 bulan dan Listyo 51 tahun 8 bulan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)