Haornas dan SDM Terbarukan

Kamis, 08 September 2022 - 12:37 WIB
loading...
Haornas dan SDM Terbarukan
Bimo Joga Sasongko (Foto: Ist)
A A A
Bimo Joga Sasongko
Pendiri Euro Management Indonesia, Ketua Umum Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE)

PERINGATAN Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-39 pada 9 September 2022 dipusatkan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Tema peringatan adalah "Bersama Cetak Juara". Tema tersebut diusung, sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di mana ujung dari sebuah pembinaan olahraga adalah mencetak juara di pentas dunia.

Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi, serta seluruh kabupaten/kota yakni 517 harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia. Peringatan Haornas juga momentum untuk menyosialisasikan undang-undang baru yakni UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR.

Perayaan Haornas yang ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur tersebut, sembari memperkuat komitmen menyukseskan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Implementasi DBON akan dikomando dari Ibu Kota Negara yang baru oleh Presiden Joko Widodo. Presiden pun telah memerintahkan untuk membangun sports center di IKN untuk mencetaksumber daya manusia(SDM) terbarukan yang unggul di bidang olahraga..

Presiden Jokowi juga akan meneguhkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pemerintah mulai mempersiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memutar roda birokrasi IKN Nusantara.

Menjadikan IKN sebagai kota yang maju setara dengan kota besar di dunia, maka perlu rekrutmen dan pengembangan SDM terbarukan yang memiliki pengalaman dan kompetensi berstandar global. Keniscayaan IKN Nusantara membutuhkan SDM yang unggul dan menguasai tren global.

Untuk itu otoritas IKN perlu segera mengirim para lulusan SMA/SMK langsung untuk belajar di perguruan tinggi di negara maju dengan skema beasiswa ikatan dinas. Hal ini lebih efektif karena para lulusan SMA secara psikologis masih sangat idealis dan mudah melakukan revolusi mental saat belajar di luar negeri. Begitupun dari segi rentang usia, lulusan SMA memiliki waktu yang cukup untuk mendalami berbagai prodi yang terkait dengan pengembangan ibu kota negara di masa depan.

Sejarah menunjukkan bahwa olahraga merupakan media perjuangan dan sarana pemersatu bangsa. Kini olahraga menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan manusia. Haornas memiliki latar belakang sejarah yakni penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang digelar pada 1948 di Stadion Sriwedari, Solo. Berlangsung di tengah revolusi kemerdekaan.

Selain untuk membangun karakter dan kualitas SDM bangsa, kini olahraga sudah menjadi entitas ekonomi dan industri dengan nilai tambah yang signifikan. Peringatan Haornas 2022 sebaiknya dijadikan momentum untuk evaluasi dan pengembangan SDM terbarukan terkait dengan olahraga yang meliputi SDM yang menyandang predikat atlet atau olahragawan maupun SDM iptek yang terkait atau mendukung pengembangan sistem dan industri peralatan olahraga.

Saatnya pemerintah pusat dan daerah menata event olahraga menjadi daya ungkit ekonomi untuk menyejahterakan rakyat. Olahraga sudah menjadi entitas ekonomi dan industri yang melibatkan partisipasi masyarakat luas dengan effort dan dana yang luar biasa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1372 seconds (11.97#12.26)