Ferdy Sambo Diperiksa Pakai Alat Antibohong Hari Ini

Kamis, 08 September 2022 - 09:04 WIB
loading...
Ferdy Sambo Diperiksa Pakai Alat Antibohong Hari Ini
Bareskrim Polri menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan menggunakan alat Lie Detector atau antibohong pada hari ini, Kamis (8/9/2022). Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J pada hari ini, Kamis (8/9/2022). Ferdy Sambo akan diperiksa dengan menggunakan Lie Detector atau alat antibohong.

"Untuk FS akan dilaksanakan hari Kamis," ujar Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi.

Menurut Andi, pemeriksaan terhadap tersangka dengan alat Lie Detector untuk menguji sejauh mana kejujuran para tersangka dalam memberikan keterangan.

"Untuk menguji tingkat kejujuran masing-masing tersangka dan saksi dalam memberikan keterangan," jelas Andi.

Polri telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus pidana pembunuhan berencana Brigadir J. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, asisten rumah tangga sekaligus sopir Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal, serta Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Dalam kasus ini, Polri memastikan bahwa tidak ada peristiwa tembak-menembak. Faktanya adalah, Bharada E disuruh menembak Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo.

Irjen Ferdy Sambo pun diduga memainkan perannya sebagai pihak yang melakukan skenario agar kasus Brigadir J muncul ke publik dengan isu baku tembak.

Dalam hal ini, Ferdy Sambo menembak dinding di lokasi kejadian dengan pistol milik Brigadir J agar seolah-olah itu merupakan tembak-menembak.

Komisi Kode Etik Polri (KKEP) memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Ferdy Sambo berupa Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH). Namun, Sambo masih melakukan banding terkait hal itu.

Atas perbuatannya, mereka semua disangka melanggar Pasal 340 subsidair Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)