Moeldoko Tegaskan Pemerintah Sudah Sangat Berpihak kepada UMKM

Jum'at, 02 September 2022 - 06:10 WIB
loading...
Moeldoko Tegaskan Pemerintah Sudah Sangat Berpihak kepada UMKM
KSP Moeldoko di depan anggota Asosiasi Pelaku UMKM Kabupaten Banyumas (Aspikmas), di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (1/9/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pemerintah dinilai sudah melakukan sejumlah upaya dan terobosan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko .

Di antara dukungan pemerintah itu kata Moeldoko , dengan lima agenda besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dijelaskan Moeldoko, pemerintah melalui implementasi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yakni PP Nomor 7/2021 telah memberikan dukungan kepada UMKM dari berbagai aspek, mulai hulu hingga hilir. Seperti permodalan, perizinan, fasilitasi sertifikasi, hingga pemasaran dan kemitraan.

"Contohnya soal perizinan. Pemerintah sudah berikan kemudahan untuk mengurus izin secara online lewat OSS RBA," kata Moeldoko di depan anggota Asosiasi Pelaku UMKM Kabupaten Banyumas (Aspikmas), di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (1/9/2022).

"Sampai saat ini, pemerintah sudah terbitkan NIB 1,6 juta lebih untuk usaha mikro dan kecil. Siapa yang belum mengurus, segera mengurus izin usahanya agar bisa merasakan manfaat program pemerintah lainnya," tambahnya.

Moeldoko memastikan, pemerintah sangat berpihak kepada UMKM. Sebab, UMKM memiliki kontribusi besar. Oleh karena itu, saat pandemi memukul UMKM, pemerintah segera memberikan bantuan baik dalam Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau lainnya.

"Selain berupa bantuan langsung tunai, pemerintah juga memberikan insentif pajak selama pandemi," terangnya.

Pada Kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 ini juga menekankan pentingnya pendataan terhadap pelaku UMKM, agar kebijakan dan program pemerintah terkait pengembangan UMKM bisa tepat sasaran.

"Selama ini pemerintah sudah dorong KUR dengan jumlah besar. Tapi sayang serapannya baru sedikit. Salah satu penyebabnya adalah UMKM belum terdaftar," jelas Moeldoko yang kini juga disebut sebagai Penjaga NKRI.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga mendorong pelaku UMKM untuk segera mengurus izin usahanya dan beralih ke digital. "Agar UMKM Bisa segera naik kelas," tegas Moeldoko.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)