Dukung Program ASI Ekslusif, Anggota APPNIA Terapkan Kantor Ramah Laktasi

Kamis, 01 September 2022 - 19:19 WIB
loading...
Dukung Program ASI Ekslusif, Anggota APPNIA Terapkan Kantor Ramah Laktasi
Anggota APPNIA menerapkan kantor ramah laktasi untuk mendukung Program ASI Ekslusif. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA) mendukung penuh program pemerintah dalam pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif. Hal itu dibuktikan dengan penyediaan ruang laktasi bagi pegawai yang menyusui.

Ketua Umum APPNIA Vera Galuh Sugijanto mengatakan, anggota APPNIA telah berkontribusi dalam upaya percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan akan terus berkomitmen mendukung upaya peningkatan status gizi dan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

“APPNIA menyadari pentingnya manfaat ASI eksklusif dan juga keberadaan orang tua setidaknya di 1.000 hari pertama kehidupan, khususnya bagi ibu yang perlu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi,” ujarnya, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Menyusui Cegah Anak Obesitas

Sebagai wujud dukungan program pemerintah tersebut, kata Vera, perusahaan anggota APPNIA telah menerapkan kebijakan dan program yang memungkinkan orang tua baru untuk membersamai bayinya. Seperti cuti berbayar selama 3 sampai 6 bulan dan dukungan nutrisi bagi ibu menyusui, penyediaan ruang laktasi, serta edukasi dan pendampingan tentang 1.000 hari pertama kehidupan.

Sebagai informasi, Hari Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia diadakan dari 1-7 Agustus 2022. Pekan ASI Sedunia diperingati secara global dan juga serentak secara nasional di Indonesia. Perayaan Pekan ASI 2022 ini didukung dengan tagar #WBW2022. Adapun tema Pekan ASI Nasional yaitu “Literasi dan Dukungan Para Pihak dalam Mendukung Keberhasilan Menyusui”.



”Salah satu wujud konkret atas dukungan APPNIA terhadap ASI Eksklusif adalah bahwa sebagian besar perusahaan anggota APPNIA telah menerapkan kebijakan cuti melahirkan bagi ibu bekerja selama 3 sampai 6 bulan agar ibu dapat mengupayakan pemberian ASI eksklusif bagi bayinya dan juga penyediaan Ruang Laktasi pada kantor dan pabrik perusahaan anggota APPNIA,” katanya.

Harapannya, inisiatif dalam bentuk kebijakan dan program yang telah diterapkan dalam perusahaan anggota APNNIA dapat membantu para karyawan yang sedang hamil dan menyusui agar dapat memberikan ASI eksklusif dengan optimal. "Karena kami sadar bahwa gizi yang baik di awal kehidupan anak akan menciptakan anak Indonesia yang sehat, tangguh, cerdas,serta terbebas dari stunting," tegas Vera.

Vera menambahkan, memperingati Pekan ASI Sedunia 2022 APPNIA terus memperkuat kebijakan dan melakukan berbagai program untuk memastikan hak-hak karyawan dan anak terpenuhi, melalui pemberian cuti melahirkan berbayar selama 6 bulan bagi karyawan perempuan, penyediaan ruang laktasi untuk memerah ASI, hingga edukasi dan dukungan psikologi bagi karyawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)