Lawan Radikalisme, KNPI Ajak Mahasiswa Galakkan Gerakan Aktivistpreneur

Kamis, 01 September 2022 - 16:30 WIB
loading...
A A A
“Pentahapan radikalisasi dimulai dari keberadaan kelompok-kelompok kecil yang tidak terafiliasi dengan kelompok teror. Namun membangun keterikatan ideologi (ideological engagement), hingga kemudian menumbuhkan fase radikalisasi dan mengglorifikasi kegiatan-kegiatan yang menjadi katalisator bagi individu-individu untuk bergabung ke dalam kelompok terror,” katanya.

Kelompok-kelompok kecil ini berperan di sisi hulu yang akhirnya bermuara pada kelompok teror di hilir. Pergerakan organisasi dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Di antaranya framing, mobiliz dan decision making.

Ketua Bidang Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme DPP KNPI Muhamad Adnan Rara Sina, menegaskan, tujuan diselenggarakannya dialog kebangsaan di kalangan mahasiswa ini untuk mengajak mahasiswa agar lebih memahami pola radikalisasi beragama dan perilaku intoleransi yang marak belakangan.

“Bahwa akar persoalan utama gerakan terorisme dan radikalisme ini adalah ketidakadilan dan kemiskinan maka kami hadir dengan gerakan aktivistpreneur ini agar pemuda termasuk mahasiswa masuk dalam golongan yang tercerahkan tadi dan kuat serta mandiri secara ekonomi. Ini salah satu misi yang kami bawa dengan sinergi bersama BNPT saat ini,” kata Adnan.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6951 seconds (0.1#10.140)